Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Affiliate Marketing untuk Pemula

Affiliate Marketing untuk Pemula

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara memulai marketing afiliasi? marketing afiliasi adalah taktik yang populer dan efektif untuk meningkatkan konversi, mendorong penjualan, dan pada akhirnya menghasilkan pendapatan pasif secara online.

Namun, mengingat itu adalah bidang yang dinamis dan luas, tugas anda hanya mempelajari bagaimana cara memulai affileate marketing untuk pemula ini agar kalian bisa terapkan dalam rencana pemasaran usaha nantinya.

Untungnya, yang diperlukan hanyalah beberapa panduan sederhana untuk memulai marketing affiliate. Setelah Anda memahami dasar-dasar marketing afiliasi untuk pemula dan cara kerjanya, Anda dapat menggunakannya untuk keuntungan Anda dan meningkatkan pendapatan yang Anda peroleh melalui situs web Anda.

Dalam posting ini, kita akan mulai dengan membahas apa itu marketing afiliasi dan manfaatnya. Kemudian kami akan menjelaskan cara kerjanya, dan memberi Anda beberapa tips untuk memulai marketing affiliasi .

Panduan Marketing Afiliasi untuk Pemula

Singkatnya, marketing afiliasi adalah strategi di mana merek membayar komisi kepada afiliasi berdasarkan penjualan yang dihasilkan melalui rujukan link. Pihak-pihak penting yang terlibat adalah:

  • Penjual (kadang-kadang disebut sebagai pedagang, pengecer, atau merek) dapat berkisar dari pengusaha individu hingga perusahaan global. Mereka adalah pencipta produk atau layanan yang dipromosikan dan dijual.
  • Afiliasi (juga disebut sebagai penerbit atau pengiklan) mempromosikan produk penjual kepada audiens mereka dengan menggunakan tautan afiliasi dan iklan . Jika promosi atau rujukan mereka menghasilkan penjualan, mereka mendapat komisi dari penjual.
  • Pelanggan membeli produk atau layanan dari penjual berdasarkan referensi afiliasi.

Pada dasarnya, marketing afiliasi adalah bentuk bagi hasil antara penjual dan pengiklan. Komisi yang diperoleh berasal dari harga produk, sehingga tidak menimbulkan biaya tambahan bagi pelanggan.

Apakah Anda berpartisipasi dalam marketing afiliasi sebagai pedagang atau afiliasi, ada banyak keuntungan jika dibandingkan dengan jenis marketing lainnya . Salah satu daya tarik terbesar adalah jumlah kontrol dan fleksibilitas yang tersedia.

Misalnya, pedagang dapat membuat program marketing afiliasi berdasarkan produk dan layanan yang mereka pilih, sementara afiliasi dapat memutuskan program mana yang akan diikuti. 

Tujuan bersama adalah mendapatkan promosi produk di depan audiens yang relevan yang kemungkinan besar akan berkonversi.

Afiliasi marketing juga hemat biaya. Sebagian besar program afiliasi bebas untuk bergabung, dan beroperasi pada sistem berbasis kinerja. 

Ini berarti bahwa komisi diperoleh hanya ketika konsumen menyelesaikan tindakan yang dimaksudkan pembelian, pendaftaran, dll.

Cara Kerja Program Marketing Afiliasi


Saat Anda mendaftar untuk program marketing afiliasi, Anda diberikan ID unik dan URL yang dapat dilacak untuk digunakan dalam konten Anda yang mempromosikan produk pedagang. 

Saat pengguna mengklik tautan afiliasi atau iklan spanduk Anda, itu menambahkan cookie ke browser pengguna.

Jika Anda mengeklik tautan atau iklan afiliasi, Anda mungkin melihat kode rujukan atau pengenal di dalam URL. Umumnya, tautan terlihat lebih panjang daripada jika Anda mengunjungi halaman pedagang secara langsung:

Sebagai manajer program afiliasi, Anda akan menggunakan ID khusus ini untuk memverifikasi sumber rujukan pelanggan. Dengan kata lain, kode ini sangat penting untuk mengonfirmasi dan mengkredit mitra afiliasi.

Tidak semua program afiliasi beroperasi dengan cara yang sama, tentu saja. Beberapa model komisi umum meliputi:
  • Pay Per Click (PPC) : Afiliasi mendapatkan kredit setiap kali konsumen mengklik tautan afiliasi mereka.
  • Pay Per Sale (PPS): Seorang afiliasi mendapatkan persentase dari penjualan yang dirujuk.
  • Pay Per Lead (PPL): Jika tautan afiliasi menghasilkan prospek yang memenuhi syarat, mereka menerima komisi tetap.
Pada akhirnya, struktur dan persyaratannya bergantung pada apakah Anda menggunakan program yang dihosting sendiri atau jaringan pemasaran afiliasi. Jaringan seperti Commission Junction dan ShareASale adalah tempat populer untuk memulai.

Layanan pihak ketiga ini bertindak sebagai perantara antara penjual dan afiliasi. Meskipun mereka dapat membantu menemukan dan mengelola akun afiliasi, mereka tidak menawarkan kontrol atau otonomi sebanyak program yang dihosting sendiri , seperti yang dapat Anda operasikan melalui Afiliasi Mudah .

Dengan yang terakhir, Anda dapat membuat program Anda sendiri dan menjalankan kontrol penuh serta ini lebih sederhana daripada bekerja dengan layanan pihak ketiga.

Tips  Memulai Marketing Afiliasi untuk Pemula


Jika Anda tertarik untuk memulai marketing afiliasi, keputusan pertama yang perlu Anda buat adalah apakah Anda ingin berpartisipasi sebagai pedagang atau afiliasi. Sisi hubungan marketing afiliasi yang lebih Anda minati akan memengaruhi langkah Anda selanjutnya.

Misalnya, jika Anda seorang blogger atau memiliki banyak pengikut di media sosial , menjadi mitra afiliasi untuk perusahaan dan merek lain bisa sangat menguntungkan. 

Tidak hanya akan membantu Anda mendapatkan uang secara online, tetapi juga dapat membantu menumbuhkan kepercayaan diri dan keakraban Anda dengan program marketing afiliasi, bahkan mungkin membuka jalan untuk memulai program Anda sendiri.

Untuk memulai, adalah cerdas untuk membuat daftar merek dan produk yang paling Anda sukai, dan bertukar pikiran tentang program afiliasi potensial yang mungkin Anda ikuti. 

Anda dapat memeriksa situs web merek favorit Anda untuk melihat apakah mereka menawarkan program afiliasi (informasi ini biasanya tercantum di footer)

Di sisi lain, jika Anda adalah pemilik bisnis dengan produk atau layanan yang ada untuk dijual, memulai program pemasaran afiliasi Anda sendiri adalah yang paling masuk akal. 

Jika Anda memutuskan program afiliasi tepat untuk bisnis Anda , langkah selanjutnya adalah meluncurkan situs afiliasi Anda.

Untungnya, plugin program afiliasi kami dapat melakukan ini dengan cepat dan mudah

Dibuat untuk menyederhanakan pemasaran afiliasi untuk pemula , plugin manajemen lengkap kami hadir dengan semua fitur dan fungsi yang diperlukan untuk menyiapkan dan menjalankan program afiliasi. 

Ini termasuk dasbor yang dipersonalisasi untuk afiliasi, integrasi keranjang belanja , pembuatan spanduk dan tautan, dan banyak lagi.

Kesimpulan


Apakah Anda tertarik untuk mempromosikan produk perusahaan lain untuk mendapatkan penghasilan pasif, atau Anda ingin mengembangkan bisnis Anda sendiri melalui jaringan penerbit dan pengiklan berbakat, marketing afiliasi dapat membantu. 

Meskipun struktur, harga, dan persyaratan bervariasi menurut program, ada banyak cara untuk terlibat dalam marketing afiliasi.

Seperti yang telah kita bahas dalam posting ini, sebagai mitra afiliasi Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan komisi setiap kali seseorang menggunakan tautan afiliasi Anda. 

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang terlibat dalam pemasaran afiliasi? Beri tahu kami di komentar!

Post a Comment for "Tips Affiliate Marketing untuk Pemula"