Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Halaman Facebook untuk Bisnis

Halaman Facebook untuk Bisnis
 

Facebook adalah alat yang ampuh untuk bisnis kecil. Pelajari cara menggunakan Halaman Facebook, iklan, dan alat keterlibatan lainnya.

  • Facebook memiliki lebih dari 2,91 miliar pengguna aktif, menjadikannya platform penting untuk penjualan bisnis kecil dan pemasaran media sosial.
  • Halaman Bisnis Facebook dapat menghubungkan Anda dengan pelanggan dan menawarkan informasi penting tentang bisnis, produk, layanan, dan acara mendatang Anda.
  • Iklan Facebook dan Iklan Messenger adalah cara yang sangat bertarget dan efektif untuk menjangkau calon pelanggan.
  • Artikel ini ditujukan untuk pemilik usaha kecil yang tertarik menggunakan Facebook untuk meningkatkan strategi pemasaran dan periklanan media sosial mereka.

Setiap bisnis kecil bisa mendapatkan keuntungan dari kehadiran Facebook. Dengan lebih dari 2,91 miliar pengguna bulanan , Meta  nama baru perusahaan Facebook memberikan banyak cara bagi usaha kecil untuk mempromosikan layanan mereka, meningkatkan dukungan pelanggan, dan meningkatkan penjualan dan pengakuan melalui platform Facebook mereka.

Menggunakan Facebook untuk bisnis kecil Anda mungkin tampak menantang karena aturan dan algoritme platform sering berubah. Namun, dengan strategi yang tepat, Facebook adalah salah satu cara terbaik untuk menggunakan media sosial untuk bisnis . 

Salah satu kekuatan terbesar Facebook adalah memungkinkan Anda menargetkan audiens tertentu melalui kampanye dan iklan berbayar. Platform menyimpan sejumlah besar informasi tentang penggunanya, yang dapat menguntungkan saat menargetkan iklan. Selain itu, membuat Halaman Bisnis Facebook dapat menjadi alat pemasaran bisnis kecil yang efektif . 

Berikut adalah berbagai cara menggunakan Facebook untuk menguntungkan bisnis Anda dan memaksimalkan upaya Anda.

Apa itu Halaman Bisnis Facebook?

Halaman Bisnis Facebook seperti situs web bisnis gratis yang dapat dibangun oleh perusahaan untuk memperluas kehadiran internet mereka. 

Seperti profil Facebook pribadi, Halaman Bisnis Facebook Anda menyertakan fungsionalitas untuk mengirim dan menerima pesan, memposting pembaruan, mendapatkan notifikasi, dan berinteraksi dengan konten pengguna lain melalui menyukai, berbagi, dan berkomentar. 

Tentu saja, mengingat berapa banyak perusahaan yang memiliki kehadiran Facebook, Anda memerlukan Halaman Anda untuk menonjol dari yang lain untuk menarik perhatian yang signifikan pada bisnis Anda. 

Jika Anda mempertanyakan apakah upaya yang dilakukan untuk membedakan perusahaan Anda di Facebook sepadan, banyak manfaat Halaman Bisnis Facebook dapat meyakinkan Anda untuk menginvestasikan waktu.

Manfaat Halaman Bisnis Facebook

Jika Anda membuat Halaman Facebook untuk perusahaan Anda, Anda dapat menggunakannya untuk melakukan hal berikut:

1. Buat daftar informasi kontak dasar

Jika orang bertanya-tanya kapan saluran telepon atau etalase Anda buka, mereka mungkin mengunjungi Halaman Facebook Anda untuk mencari tahu. Mereka juga ingin mengetahui alamat Anda jika Anda adalah etalase atau email saluran dukungan Anda jika Anda menawarkan layanan dari jarak jauh. Halaman Bisnis Facebook adalah toko serba ada untuk mencantumkan semua informasi ini.

2. Libatkan pelanggan baru dan lama

Bahkan pelanggan Anda yang paling setia pun tidak melihat apa yang terjadi di dalam bisnis Anda setiap hari – yaitu, kecuali Anda secara teratur membagikan konten media sosial yang menjelaskan kepada mereka. 

Halaman Facebook adalah tempat yang tepat untuk memposting foto dari dalam etalase Anda atau di belakang layar dengan tim dukungan Anda. Anda juga dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan memperbarui pengikut tentang produk dan diskon baru.

3. Kenali audiens Anda

Saat Anda memiliki Halaman Bisnis Facebook, Anda akan memiliki akses ke wawasan dan demografi audiens. Anda dapat menggunakan data yang diberikan untuk menginformasikan strategi pemasaran demografis yang kuat dan menargetkan kampanye Anda dengan lebih baik. 

4. Mengurangi biaya pemasaran

Memulai Halaman Bisnis Facebook gratis, dan banyak fitur pemasaran dan analisis Facebook tambahan gratis atau murah. Mengintegrasikan Halaman Bisnis Facebook ke dalam rencana pemasaran Anda adalah cara hemat anggaran untuk menjangkau lebih banyak orang berpotensi menjadi audiens miliaran dengan lebih sedikit uang.

5. Tingkatkan lalu lintas web

Dengan menautkan ke situs web perusahaan Anda di Halaman Bisnis Facebook, Anda akan mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda. Semakin banyak orang yang mengunjungi situs web Anda, semakin baik peluang orang membaca deskripsi mendalam tentang produk dan layanan Anda. Lebih baik lagi, jika Anda menjual produk secara online , orang yang melompat dari Halaman Bisnis Facebook Anda ke situs web Anda bahkan mungkin membeli sesuatu.

6. Tingkatkan SEO

Halaman Bisnis Facebook bagus untuk lebih dari sekadar kehadiran media sosial Anda; mereka juga merupakan anugerah bagi peringkat Anda dalam kueri mesin telusur.

Cara membuat Halaman Bisnis Facebook

Sekarang setelah Anda mengetahui beberapa manfaat memiliki Halaman Facebook untuk bisnis Anda, inilah saatnya untuk mulai membuatnya. Ikuti langkah-langkah ini untuk menyiapkan Halaman Anda:

1. Buat Halaman Bisnis Facebook Anda

Langkah pertama dalam membuat Halaman Bisnis Facebook adalah memastikan Anda menyiapkan jenis akun yang tepat. Ingatlah bahwa Anda sedang membuat Halaman Facebook, bukan profil Facebook. 

Profil adalah akun Facebook pribadi yang dirancang untuk berbagi informasi dan foto pribadi dengan teman dan keluarga. Halaman adalah profil publik yang memungkinkan bisnis dan tokoh masyarakat terhubung dengan penggemar dan pelanggan. Pengguna hanya perlu “menyukai” Halaman untuk mulai melihat pembaruan dari Halaman di Kabar Beranda mereka. 

Buka tautan web Meta's Set Up a Facebook Page untuk memulai.

2. Jawab pertanyaan

Untuk membuat Halaman Bisnis Facebook , Anda harus sudah memiliki profil pribadi dan mengikuti petunjuk di layar. Saat membuat Halaman, perusahaan akan meminta beberapa informasi, seperti kategori untuk mendeskripsikan Halaman Anda serta nama, alamat, dan nomor telepon bisnis Anda. Sangat penting untuk menyertakan informasi sebanyak mungkin sehingga pelanggan dapat dengan mudah mengenali Halaman Anda dan menemukan informasi tentang bisnis Anda.

3. Tambahkan foto profil dan sampul

Anda memiliki opsi untuk mengunggah foto profil dan sampul ke Halaman Bisnis Facebook Anda. Ini praktik yang baik untuk melakukannya, karena grafik yang menarik dan merek visual menghasilkan tingkat keterlibatan yang lebih baik dengan konten Anda. 

4. Isi bagian Halaman yang sesuai

Anda dapat menambahkan banyak bagian ke Halaman Facebook, tetapi tidak setiap bagian cocok untuk bisnis Anda. Berikut adalah beberapa bagian yang harus Anda pertimbangkan untuk ditambahkan:

  • Beranda: Bagian ini adalah tempat semua pembaruan dan pos Anda ditayangkan. Ini juga merupakan bagian pertama yang dilihat pengguna saat mereka mengunjungi Halaman Anda.
  • Tentang: Bagian Tentang adalah salah satu bagian terpenting dari Halaman Facebook Anda. Isi dengan alamat Anda, detail bisnis, informasi kontak, jam buka, dan URL situs web. Banyak orang online untuk menemukan informasi spesifik tentang bisnis; jangan biarkan calon pelanggan Anda kecewa dengan mengosongkan halaman ini.
  • Komunitas: Bagian Komunitas adalah tempat postingan, foto, dan video dari pelanggan ditampilkan. Pelanggan juga dapat melihat toko Anda di sini. Ini adalah tempat yang sangat baik bagi audiens Anda untuk berinteraksi dan mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan Anda.
  • Acara: Anda dapat membuat halaman acara dan mempromosikan acara mendatang di bagian ini. Setelah Anda membuat acara di Facebook, Anda dapat mengundang orang dan berbagi informasi spesifik tentang semuanya di satu tempat.
  • Info dan iklan: Bagian ini dirancang untuk menambahkan transparansi ke Halaman Anda. Ini menunjukkan kepada pengikut Anda semua iklan Facebook yang sedang Anda jalankan.
  • Penawaran: Anda dapat memposting diskon atau penawaran di bagian ini. Ini adalah cara mudah untuk mendorong orang untuk datang ke Halaman Facebook Anda. Minta pelanggan untuk menyukai Halaman Anda dan temukan kesepakatan di dalamnya.
  • Postingan: Bagian ini menampilkan semua postingan Anda, termasuk foto timeline dan pembaruan.
  • Ulasan: Di bawah tab Ulasan, pelanggan dapat menulis ulasan dan menunjukkan apakah mereka akan merekomendasikan bisnis Anda. Peringkat muncul di bagian atas Halaman Anda. Meskipun Anda dapat menyembunyikan tab Ulasan, Anda mungkin tidak menginginkannya, karena tab tersebut memberikan umpan balik yang berharga bagi Anda dan calon klien. Ulasan membantu memverifikasi bisnis Anda dan memudahkan pelanggan untuk merekomendasikan produk atau layanan Anda.
  • Layanan: Anda dapat memamerkan layanan Anda di bagian ini. Anda juga dapat menambahkan informasi tentang spesialisasi Anda termasuk foto, deskripsi, dan harga.
  • Foto: Tab Foto menampilkan gambar yang telah Anda posting di timeline Anda.
  • Toko: Anda dapat menambahkan inventaris Anda ke bagian ini sehingga pengguna dapat membeli produk Anda langsung dari Facebook. Penjualan dikirim ke rekening bank Anda, dan ini adalah cara mudah untuk mulai mencoba-coba e-niaga .

Apa itu iklan Facebook dan postingan yang dipromosikan?

Jika Anda mengalami masalah dalam menjangkau pengguna secara organik, coba opsi iklan berbayar seperti kiriman yang dipromosikan atau iklan Facebook . 

Postingan yang dipromosikan adalah postingan yang Anda tempatkan di Halaman Facebook Anda; Anda membayar biaya untuk "meningkatkan" posting ke audiens target. Di sisi lain, iklan Facebook menawarkan lebih banyak fungsi dan pilihan penempatan. 

Posting yang ditingkatkan dan iklan Facebook memudahkan untuk menargetkan audiens tertentu. Targetkan orang yang menyukai Halaman atau segmen Anda berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, dan minat. 

Karena platform mengumpulkan data pengguna, ia dapat menargetkan iklan Anda kepada mereka yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan Anda. 

Haruskah Anda menggunakan posting yang ditingkatkan atau iklan Facebook?

Posting yang ditingkatkan dan iklan Facebook keduanya bisa menjadi elemen berharga dari strategi pemasaran Anda. 

Berikut adalah beberapa manfaat dari posting yang ditingkatkan: 

  • Taktik sederhana: Postingan yang dipromosikan adalah cara paling sederhana untuk beriklan di Facebook. Anda memilih audiens target Anda, menetapkan anggaran dan menentukan panjang kampanye Anda. Saat postingan disetujui, audiens target Anda akan melihat postingan tersebut di Kabar Beranda mereka selama kampanye. 
  • Iklan online: Meskipun mereka memiliki lebih sedikit opsi penyesuaian, posting yang ditingkatkan masih dianggap sebagai iklan dan akan dicantumkan sebagai iklan pada laporan tagihan Anda. 
  • Kesadaran merek: Pos yang ditingkatkan adalah cara terbaik untuk membangun merek , menumbuhkan kesadaran merek, dan mendapatkan komentar dan berbagi.
Ini adalah fitur utama dari iklan Facebook tradisional: 
  • Opsi penyesuaian: Anda memiliki lebih banyak opsi penyesuaian dengan iklan Facebook. 
  • Alat pendukung: Anda akan membuat iklan Facebook di platform Pengelola Iklan yang komprehensif. 
  • Berbagi kreatif: Anda memiliki opsi seperti membagikan iklan ke Instagram, Instagram Stories, dan Messenger, serta memilih lokasi penempatan, seperti di sisi Kabar Beranda. 
  • Kontrol yang lebih tinggi: Anda membuat dan mengelola iklan, dan memilih tujuan seperti melacak konversi dan menghasilkan prospek . Anda juga menerima kemampuan penargetan yang lebih dalam. 

Tips memasang iklan Facebook

Karena postingan yang dipromosikan sangat mudah dengan opsi yang lebih sedikit, kami akan fokus untuk memaksimalkan efektivitas iklan Facebook Anda. Namun, banyak dari tips ini juga berlaku untuk postingan yang dipromosikan.

1. Tetapkan sasaran untuk iklan

Iklan paling efektif jika memiliki tujuan yang jelas. Tujuan yang jelas juga akan membantu Anda melacak kemajuan iklan Anda dan dapat membantu Anda menilai apakah strategi pemasaran Anda perlu diubah. Misalnya, beberapa organisasi ingin menggunakan iklan untuk menarik perhatian orang, sementara yang lain ingin orang terlibat dengan konten atau tautan. 

Facebook mendefinisikan dua jenis iklan umum  dinamis dan prospek  untuk membantu bisnis mencapai tujuan mereka. Iklan dinamis mempromosikan item yang relevan dari katalog produk Anda dan menargetkan ulang kepada orang-orang yang telah menunjukkan minat pada situs Anda. Iklan prospek memberi pemirsa cara mudah untuk mendapatkan informasi yang mereka cari. 

2. Pilih audiens Anda dan pilih lokasi

Untuk menargetkan pemirsa yang tepat , Anda perlu menentukan jangkauan iklan. Facebook memungkinkan Anda menyesuaikan audiens menggunakan kriteria berikut: lokasi, demografi, minat, perilaku, dan koneksi. 

Lokasi dapat membantu Anda dengan strategi pemasaran lokal , mempersempit orang-orang di area umum Anda yang mungkin menganggap produk atau layanan Anda lebih relevan daripada seseorang di negara bagian atau negara lain. Demografi memungkinkan Anda memilih rentang usia, jenis kelamin, dan jabatan dari audiens target Anda. 

Gunakan kriteria minat, perilaku, dan koneksi untuk mempersempit audiens Anda lebih jauh.

3. Tetapkan anggaran Anda

Seperti disebutkan sebelumnya, Manajer Iklan adalah alat manajemen iklan Facebook. Ini memungkinkan Anda membeli iklan untuk Facebook, Instagram, dan Audience Network , yang menampilkan iklan Facebook di aplikasi penerbit lain. 

Membeli iklan mengharuskan Anda membuatnya dan mengirimkannya ke lelang iklan Facebook. Lelang iklan memungkinkan Anda menetapkan parameter yang digunakan untuk menayangkan iklan – termasuk anggaran Anda. Anda harus menentukan berapa banyak uang yang ingin Anda belanjakan setiap hari dan dari waktu ke waktu. 

Lelang iklan Facebook mengharuskan Anda untuk menetapkan “ tawaran ”, yang merupakan jumlah uang maksimum yang bersedia Anda bayarkan saat seseorang melihat atau terlibat dengan iklan Anda. 

4. Buat salinan iklan yang menarik

Dalam pemasaran, semuanya pada akhirnya kembali ke seberapa bagus salinan Anda, dan iklan Facebook tidak berbeda. Terlepas dari jenis iklan apa yang Anda pilih untuk dijalankan, salinan yang Anda tulis harus berbicara langsung kepada pelanggan ideal Anda dan membuat mereka ingin mendengarkan Anda. Untuk melakukan ini secara efektif, Anda harus tahu persis siapa yang Anda targetkan dan apa yang Anda ingin mereka lakukan.

Berikut adalah komponen tertulis utama dari iklan Anda: 

  • Judul: Mulailah dengan judul. Jangan mengisinya dengan daftar fitur yang membosankan atau jargon pemasaran yang mencolok. Sebaliknya, buatlah percakapan dan menarik. Saat mengembangkan iklan Anda, bidang yang tercantum sebagai judul pada dasarnya adalah kalimat pertama di atas gambar; itu harus sebagus baris pertama dalam novel favorit Anda jika Anda ingin orang terus membaca alih-alih menggulir melewati.
  • Deskripsi: Gunakan bidang deskripsi untuk mengatasi keberatan yang diantisipasi. Teks ini akan ditampilkan dengan jelas di bawah gambar dan mudah terlihat tanpa penonton mengklik untuk membaca lebih lanjut. Jika pemirsa mengetahui bahwa penawaran Anda benar-benar gratis atau memiliki jaminan uang kembali saat mereka menggulir, Anda dapat membuat mereka berhenti dan mempertimbangkan kembali.
Ingatlah bahwa salinan yang Anda tulis kemungkinan perlu diubah untuk segmen audiens yang berbeda meskipun penawarannya sama. Selain itu, penting untuk mencoba berbagai kombinasi dan mengujinya untuk menentukan yang paling efektif.

5. Gunakan gambar dan video

Anda membutuhkan permen mata jika Anda ingin orang memperhatikan salinan Anda. Ini dapat berupa gambar yang dikuratori dengan cermat yang secara visual mengartikulasikan penawaran atau merek Anda, atau dapat berupa video yang ingin ditonton orang.

Jika Anda menggunakan gambar stok, gunakan gambar berkualitas tinggi yang relevan dengan salinan iklan. Facebook memiliki beberapa aturan gambar dan teks tentang jenis gambar dan rasio kata yang diperbolehkan pada gambar iklan.

Seringkali lebih efektif untuk memilih video untuk iklan Facebook Anda. Orang-orang suka menonton video online, dan mengedit video lebih mudah dari sebelumnya berkat bidang aplikasi pengeditan video yang ramah pengguna yang terus berkembang.  

6. Buat iklan Messenger

Iklan Messenger masih dalam tahap pemasaran Wild West, menjadikannya waktu yang ideal untuk ikut-ikutan. Hal yang luar biasa tentang iklan Messenger adalah mereka dikirim langsung ke aplikasi Messenger pelanggan, bersama dengan pesan dari teman, rekan kerja, dan keluarga mereka. Ini adalah ruang intim yang masih terasa sangat pribadi, terutama karena hanya sedikit bisnis yang menggunakan platform ini.

Sangat penting untuk menjaga perasaan keintiman ini di pikiran Anda saat membuat pengalaman iklan untuk Messenger. Untuk melakukan ini secara efektif, Anda dapat menggunakan layanan chatbot untuk membuat kampanye lengkap. Proses ini memungkinkan Anda untuk mengajukan pertanyaan kepada pelanggan Anda atau menawarkan sesuatu yang berharga kepada mereka.

 Anda kemudian dapat membuat pengalaman otomatis yang menggerakkan mereka lebih jauh di sepanjang saluran penjualan dengan cara yang tidak terasa seperti promosi penjualan dan lebih seperti teman yang menawarkan saran.  

7. Pelajari dasar-dasar periklanan Facebook

Kekhususan penargetan iklan Facebook telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Awalnya, ada beberapa pendekatan untung-untungan untuk membuat iklan Facebook. Sekarang, platform memungkinkan Anda untuk memilih jenis kampanye iklan yang ingin Anda jalankan, tujuan terperinci, dan audiens khusus. 

Anda juga dapat menjalankan beberapa versi iklan yang sama untuk menentukan mana yang lebih efektif dan membatasi jumlah yang Anda belanjakan dengan mengalokasikan anggaran secara hati-hati menurut hari dan iklan.

Jika semua ini terdengar rumit, itu karena memang demikian. Sangat penting untuk meluangkan waktu Anda dan mempelajari dasar-dasar menyiapkan kampanye Anda dengan benar. Salinan yang menakjubkan dan grafik yang menarik perhatian tidak lagi cukup. 

Ada baiknya untuk memahami cara kerja iklan Facebook, tetapi jika Anda tidak punya waktu untuk mengetahuinya dan pembaruannya, cari bantuan dari pemasar yang ahli dengan iklan tersebut. 

Cara menggunakan Tempat Kerja

Tempat kerja telah ada di pasar selama beberapa tahun dan telah diadopsi dengan cepat oleh organisasi dari semua ukuran di seluruh dunia. Menurut Meta, lebih dari 30.000 perusahaan menggunakan Workplace sebagai alat kolaborasi tim internal mereka.

Pikirkan Workplace sebagai intranet perusahaan yang sangat canggih. Ini dirancang agar terlihat dan terasa mirip dengan Facebook, sehingga mudah digunakan oleh karyawan. Umpan Berita pusat yang sudah dikenal adalah hub utama alat ini.

Ini adalah beberapa fungsi Workplace yang paling membantu: 

  • Panggilan video satu lawan satu atau pesan instan melalui Obrolan Kerja sistem
  • Kelompok berbasis proyek atau departemen untuk memusatkan komunikasi dan memfasilitasi kolaborasi 
  • Integrasi aplikasi bisnis  seperti Microsoft Office dan Dropbox – yang memungkinkan pengguna berbagi presentasi, file, dan gambar di dalam Workplace, dan mengedit dokumen secara langsung
  • Kolaborasi tim eksternal, yang sangat bagus untuk organisasi yang bermitra dengan perusahaan luar dalam hal kiriman
  • Kemampuan video streaming langsung, yang berguna bagi perusahaan dengan tim jarak jauh atau perjalanan, karena Anda dapat dengan mudah berbagi rapat dan pengumuman dengan karyawan dengan mengklik tombol
  • Platform konferensi video dan alat kolaborasi (misalnya, berintegrasi dengan BlueJeans memungkinkan pengguna bergabung ke rapat dari ponsel, laptop, atau tablet saat mereka sedang bepergian)

Memulai dengan Tempat Kerja

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memulai Workplace:

  • Aktifkan dan atur profil Anda. Aktifkan profil Anda melalui email atau kode akses. Jika Anda menerima email untuk bergabung dengan Workplace, klik tautan dan ikuti petunjuk untuk menyiapkan profil Anda. Jika atasan Anda memberi Anda kode akses, buka Workplace.com dan buat akun Anda menggunakan kode tersebut.
  • Unduh aplikasi Obrolan Workplace dan Workplace. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk tetap berhubungan dengan tim Anda dan diberi tahu tentang pembaruan penting apa pun. Unduh aplikasi ini di perangkat iOS dan Android.
  • Bergabunglah dan buat grup. Kelompok tempat kerja mendorong komunikasi antar tim kerja. Saat membuat grup, Anda harus menentukan tujuan dan pengaturan privasi.
  • Berkomunikasi melalui obrolan . Jika Anda ingin berkomunikasi dengan seseorang lebih cepat dan real time, fitur Chat akan lebih bermanfaat daripada memposting ke grup.
  • Kelola notifikasi Anda. Anda dapat mengubah pengaturan notifikasi untuk memastikan Anda mendapatkan yang paling Anda butuhkan sambil membisukan yang mungkin tidak perlu Anda lihat. 

Tips Terbaik Menggunakan Halaman Facebook bisnis

Setelah menyiapkan Halaman Facebook bisnis Anda dan bekerja dengan alat bisnis perusahaan lainnya, saatnya untuk membuat konten dan terlibat dengan pengikut Anda. 

Berikut adalah beberapa tips menggunakan alat bisnis Meta untuk memasarkan produk dan layanan Anda dengan paling efektif.

1. Menanggapi pesan

Dengan Messenger, membalas pesan pelanggan dengan cepat dan mudah. Kotak masuk Anda terletak di bagian atas Halaman Anda saat Anda masuk sebagai administrator.

Messenger adalah alat dan pelanggan mengharapkan Anda menggunakannya. Faktanya, perusahaan melacak tingkat dan waktu respons Halaman Anda sehingga pelanggan tahu seberapa cepat mereka dapat mengharapkan jawaban. Messenger menarik bagi pelanggan karena mereka mengharapkan respons yang cepat, dan banyak orang lebih nyaman dengan obrolan langsung daripada menelepon.

Facebook baru-baru ini mengumumkan upaya untuk menggabungkan alat perpesanan di Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Langkah ini menekankan pentingnya menggunakan Messenger dan alat-alat lain ini untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan menjawab pertanyaan dari pengikut Anda.

2. Gunakan analitik untuk menentukan keberhasilan kampanye Anda

Facebook Audience Network adalah alat analisis gratis. Ini menunjukkan data tentang tindakan yang diambil, tampilan Halaman, jumlah orang yang Anda jangkau, dan jumlah keterlibatan posting. Informasi ini dapat membantu Anda mengukur efektivitas kampanye sosial Anda sehingga Anda dapat memutuskan bagaimana meningkatkan posting Anda.

3. Gunakan alat penerbitan dan jadwalkan posting mendatang

Gunakan alat penerbitan Facebook untuk menjadwalkan posting untuk ditayangkan di masa mendatang. Anda juga dapat membuat video, mengiklankan bisnis Anda, mempromosikan acara, membuat penawaran, menulis catatan, dan memposting lamaran pekerjaan di Halaman Facebook Anda.

Sangat penting untuk memposting secara teratur  setidaknya dua kali seminggu. Jika Anda merasa menghabiskan terlalu banyak waktu di Facebook setiap hari, cobalah alat manajemen media sosial pihak ketiga seperti Hootsuite atau Buffer. Meskipun membuat dan menjadwalkan banyak posting membutuhkan waktu di awal, ini menghemat waktu Anda dalam jangka panjang.

4. Ketahui audiens target Anda

Facebook memiliki alat penargetan yang sangat baik. Saat mempromosikan postingan, Anda dapat menargetkan demografi, lokasi, dan grup minat tertentu. Agar iklan berhasil, Anda perlu mengetahui audiens target Anda dan menggunakan alat penargetan Facebook untuk menjangkau pelanggan potensial tersebut.

5. Berpenampilan menarik, bukan hanya promosi

Meskipun Anda telah membuat Halaman Facebook untuk terhubung dengan pelanggan dan pada akhirnya menghasilkan penjualan, audiens Anda tidak ingin melihat iklan. Cobalah untuk membuat posting Facebook yang menarik dan menarik. 

6. Tawarkan hadiah dan kontes

Sulit untuk mengarahkan lalu lintas organik di Facebook, tetapi secara teratur menjalankan hadiah dan kontes membantu. Sebelum Anda membuat kontes atau giveaway, pastikan Anda memahami dan mengikuti aturan perusahaan, atau Anda bisa mendapatkan masalah hukum. 

7. Membuat dan mengiklankan acara

Anda dapat membuat acara sebagai bisnis di Facebook. Undang siapa pun ke acara ini, dan bayar ekstra untuk mempromosikannya ke audiens yang ditargetkan. Acara dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk melibatkan audiens Anda dan mengubahnya menjadi pelanggan.

8. Bagikan konten yang relevan dari sumber lain

Mungkin memakan waktu lama untuk membuat dan membagikan konten asli saja. Mengkurasi konten dari sumber lain dapat menghemat waktu dan tenaga. Jaringan dengan sumber lain dapat menguntungkan Anda dengan cara lain, dan mereka dapat membagikan konten Anda sebagai balasannya.

9. Berbicaralah dengan audiens Anda

Jangan mempublikasikan posting dan kemudian tidak membuka Facebook selama seminggu. Buat dan bagikan postingan untuk berinteraksi dengan audiens Anda. Menanggapi komentar, pertanyaan dan kekhawatiran. Jika Anda melakukan percakapan dengan pengikut Anda, mereka cenderung menjadi pelanggan Anda. 

Algoritme Umpan Berita memprioritaskan koneksi dan keterlibatan pribadi. Singkatnya, posting Anda tidak akan terlihat kecuali mereka menghasilkan percakapan.

10. Sorot tonggak bisnis

Soroti pencapaian perusahaan dan rayakan hari jadi di Facebook. Postingan ini biasanya melibatkan audiens Anda dan akan membuat Anda tampak lebih menarik. Jika Anda menawarkan promosi khusus untuk pencapaian atau hari jadi, promosikan juga di Halaman Anda.

11. Gunakan iklan Facebook

Cara terbaik untuk menjangkau audiens yang Anda inginkan adalah dengan menjalankan iklan Facebook. Meskipun iklan ini membutuhkan biaya, iklan ini efektif karena Anda dapat memilih audiens target berdasarkan demografi, perilaku, atau informasi kontak. 

Tetapkan anggaran harian atau keseluruhan untuk iklan, pilih durasi iklan berjalan, dan pilih audiens yang Anda inginkan. Platform ini melacak interaksi pada setiap promosi yang Anda jalankan, membantu Anda mengembangkan kampanye yang sangat sukses di masa mendatang.

12. Membuat dan memposting video

Jika Anda menggulir melalui timeline Facebook Anda, Anda mungkin melihat banyak video. Itu karena video sangat bagus di platform. Salah satu cara untuk membuat video adalah melalui iklan Video, yang memungkinkan Anda untuk menyiarkan ke audiens yang besar secara gratis. 

Dengan iklan Video, Anda dapat melakukan percakapan waktu nyata dengan pengikut dan memberi mereka pandangan mendalam tentang bisnis Anda. 

Itulah panduan lengkap tentang cara menggunakan halaman Facebook untuk bisnis yang nantinya dapat meningkatkan penjualan melalui halaman Facebook. So, semoga artikel lengkap cara berjualan di halaman Facebook ini dapat bermanfaat buat kalian semua.

Post a Comment for "Cara Menggunakan Halaman Facebook untuk Bisnis"