Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asuransi Mobil Terbaik All Risk dan TLO, Pahami Agar Anda Tidak Terjebak

Asuransi Mobil Terbaik All Risk dan TLO
 

Asuransi Mobil Terbaik All Risk dan TLO - Asuransi pada mobil bekas sering sekali menjadi pembahasan yang sangat menarik untuk diperdebatkan. Karena ada yang setuju dengan asuransi mobil bekas, dan ada juga yang tidak.

Sebenarnya asuransi untuk mobil bekas juga bisa. Tidak hanya mobil baru yang bisa menggunakan asuransi. Namun banyak yang tidak mengerti tentang hal ini.

Sebelum membahas lebih detail, ada baiknya memahami apa itu asuransi kendaraan. Secara harfiah, asuransi kendaraan berarti pertanggungan atas kehilangan atau kerusakan kendaraan bermotor.

Pada prinsipnya jaminan yang akan ditanggung adalah berupa kerusakan dari kendaraan bermotor itu sendiri dan juga menjadi tanggung jawab pihak hukum lain yang dirugikan pada saat menggunakan kendaraan tersebut.

Jenis Asuransi Kendaraan

Ada 3 jenis asuransi kendaraan yang sering ditemui. Namun, masih banyak masyarakat yang belum sepenuhnya memahami jenis-jenis asuransi kendaraan yang ada.

1. Asuransi Komprehensif

Pada asuransi pertama ini, biasanya perusahaan asuransi akan menanggung kerugian yang diakibatkan oleh kecelakaan mobil. Biasanya kerugian yang didapat seperti kerusakan, hingga kerusakan yang cukup besar akibat kecelakaan.

2. Asuransi Semua Risiko

Pada tipe kedua, asuransi ini bisa dikatakan lebih lengkap dibandingkan paket komprehensif. Karena pertanggungan kerugian yang diterima oleh pemilik asuransi menjadi semakin luas.

Misalnya, kendaraan dilindungi dari kecelakaan, banjir, gempa bumi, gempa bumi, dan tanggung jawab pihak ketiga. Asuransi ini lebih disukai oleh konsumen di Indonesia.

3. Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi ketiga ini lebih menjamin kerugian akibat kehilangan atau kerusakan yang menyebabkan mobil tidak berfungsi atau nilai perbaikan mobil mencapai 75% akibat kecelakaan.

Biasanya jika kondisi mobil tidak mencapai 75%, maka pemilik polis tidak dapat melakukan klaim. Karena kerusakan mobil kurang dari 75%, maka pemilik polis asuransi harus membayar sendiri.

Ketiga jenis asuransi ini wajib diketahui oleh pengguna kendaraan sebelum memilih asuransi kendaraan yang tepat. Dalam hal asuransi mobil bekas, mana yang lebih disukai?

Sebelum memilih asuransi mobil bekas, pahami dulu apa saja syarat dan ketentuannya. Karena tidak semua mobil bekas bisa menggunakan asuransi.

Tips Asuransi Mobil Bekas

1. Sesuaikan Kondisi Mobil

Sebelum membeli dan memilih asuransi kendaraan, pahami dulu kondisi kendaraan Anda. Carmudian harus memahami kondisi mobil yang akan diserahkan kepada perusahaan asuransi.

Karena yang namanya mobil bekas, pasti ada potensi mesin mengalami penurunan performa. Meski tidak semuanya, ada baiknya memahami detail kondisi seluk beluk mobil.

Jika usia mobil Anda di bawah 5 tahun, pilih saja asuransi yang komprehensif. Gunakan untuk biaya perbaikan kecil.

Walaupun biaya kerusakannya kecil tapi sering dilakukan, Anda sering mampir ke bengkel. Keuangan juga bisa tidak terkendali.

Sangat penting untuk melihat kondisi kendaraan sebelum masuk ke asuransi. Tetapi jika kendaraan Anda berusia lebih dari 5 tahun, Anda harus memilih TLO.

Oh ya. Ada satu saran yang harus didengar, yaitu memperluas cakupan. Tujuannya untuk memberikan perlindungan mobil dari bencana alam hingga perlindungan pihak ketiga. Ini sangat penting!

1. Nama Polis Asuransi

Jika Carmudian membeli mobil bekas yang dicicil, biasanya polis asuransi harus berganti nama. Lain cerita dengan mobil bekas yang cicilannya sudah habis dan polis asuransinya juga sudah habis.

Jika asuransi masih ada, Anda harus melakukan perubahan nama. Ternyata bukan hanya STNK saja yang harus ganti nama. Polis asuransi juga wajib.

Apa manfaat mengubah nama polis asuransi? Intinya kalau suatu saat Carmudian mau apply, bisa claim dengan mudah, karena sudah atas nama Carmudian.

3. Batas Usia Asuransi Mobil Bekas

Perlu juga diperhatikan bahwa ada batasan usia pada mobil bekas yang akan diasuransikan. Karena yang namanya mobil bekas, maka masih ada batasan usia yang disarankan oleh perusahaan asuransi.

Misalnya, untuk membeli polis asuransi all-threat atau komprehensif. Biasanya polis asuransi jenis ini membatasi batas maksimal kendaraan pada usia 9 tahun.

Kemudian, misalnya untuk asuransi TLO, usia kendaraan yang bisa dipilih maksimal 15 tahun. Anda harus menanyakan hal ini kepada pihak asuransi kendaraan.

Karena perusahaan yang berbeda, standar usia maksimum kendaraan akan berbeda. Jadi, wajib untuk mempertimbangkan beberapa perusahaan asuransi sebelum memilih ya.

4. Pilih Berdasarkan Lokasi

Maksud kamu apa? Yang berdasarkan lokasi adalah untuk melihat kondisi tempat tinggal pemilik polis asuransi. Sehingga pemegang polis tahu asuransi mana yang cocok.

Misalnya, ia tinggal di daerah dengan lahan parkir yang minim dan memiliki risiko tinggi tergores atau hilang. Kemudian lokasi tersebut memiliki ancaman kerusakan dan pencurian yang besar.

Kemudian bisa juga domisili tersebut rawan banjir, gempa bumi, atau tanah longsor. Dengan mempersiapkan diri, akan lebih baik kedepannya untuk memilih asuransi yang tepat.

5. Asuransi Kombinasi

Jika Anda sudah familiar dengan asuransi, risiko dan sebagainya, Anda juga bisa mengetahui asuransi kombinasi.

Ada juga beberapa orang yang menggunakan asuransi kombinasi. Misalnya, menggunakan asuransi All Risk dan TLO untuk memberikan perlindungan terhadap mobil impian Anda.

Misalnya, selama 2 tahun setelah Carmudian membeli mobil bekas dengan menggunakan asuransi all threat. Kemudian tahun berikutnya menggunakan asuransi TLO. Ini ganda dan normal.

Cara ini tetap bisa membuat mobil Anda diasuransikan. Nah, Anda juga bisa menggunakan asuransi kombinasi seperti ini.

Risiko Tidak Dijamin oleh Asuransi

Setelah mengetahui berbagai informasi tentang asuransi, Carmudian juga harus mengetahui tentang risiko yang tidak ditanggung oleh asuransi. Apa saja hal-hal yang menyebabkan kerugian yang tidak ditanggung oleh asuransi ini?

  • Ketika kendaraan dikendarai dengan nama yang tidak sesuai dengan polis asuransi
  • Kendaraan pribadi yang digunakan untuk mengangkut barang atau tidak sesuai kebutuhan
  • Kerugian yang disebabkan oleh perintah tertanggung dan orang-orang yang bekerja untuk pemegang polis
  • kerusakan yang disebabkan oleh penggelapan mobil
  • Kelebihan muatan
  • Tetap berlari saat patah
  • Melintasi atau memasuki zona terlarang

Dan hal-hal lain yang tercantum dalam polis asuransi. Sangat penting untuk membaca polis asuransi secara detail dan cermat untuk mengetahui dengan pasti apa yang ditanggung dan tidak.

Asuransi pada mobil bekas sebenarnya sangat penting untuk digunakan. Bukan berarti mobil bekas tidak perlu asuransi.

Asuransi ini dapat membantu pemilik mobil agar tidak terlalu boros dalam memperbaiki mobil yang rusak. Nah, sudah bisa menentukan asuransi apa yang cocok untuk mobil kesayanganmu, guys?

Post a Comment for "Asuransi Mobil Terbaik All Risk dan TLO, Pahami Agar Anda Tidak Terjebak"