Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Membuat Rencana Pemasaran Usaha

Membuat Rencana Pemasaran Usaha
 


Pemasaran usaha adalah komponen kunci dalam keberhasilan setiap bisnis kecil. Gunakan enam tips ini untuk membuat rencana yang sesuai untuk Anda.

  • Rencana pemasaran mengidentifikasi audiens target Anda, saluran paling efektif untuk terlibat dengan mereka, dan wawasan analitis untuk memandu strategi masa depan.
  • Bisnis memerlukan rencana pemasaran yang komprehensif untuk mengoordinasikan kampanye mereka dan mengukur dampaknya dengan benar.
  • Pemasaran adalah upaya kumulatif, dan rencana terpadu memaksimalkan nilai setiap kampanye menuju strategi yang kohesif.
  • Artikel ini ditujukan untuk pemilik usaha kecil yang ingin membangun rencana pemasaran yang efektif yang mencapai keterlibatan lebih tinggi dan mendorong pertumbuhan bisnis.

Setiap perusahaan yang sukses membutuhkan rencana bisnis marketing yang dipikirkan dengan matang untuk menguraikan tindakannya. Strategi marketing adalah salah satu bagian penting dari rencana itu: Ini menguraikan informasi penting, termasuk bagaimana bisnis akan membedakan dirinya dari pesaing dan apa yang akan dicapai oleh tim.

Meskipun rencana marketing bisnis tidak selalu memberikan hasil langsung, rencana tersebut masih merupakan aspek penting dari rencana pemasarang usaha dan harus mendapat perhatian yang cukup besar. 

Strategi pemasaran yang lengkap dan efektif dapat mengungkapkan peluang melalui segmen audiens baru, perubahan strategi penetapan harga atau dengan membedakan merek dari pesaing.

Inilah cara membuat rencana pemasaran yang efektif untuk bisnis Anda. Oleh karena itu rencana pemasaran usaha untuk pemula ini cocok untuk kalian yang niat untuk terjun dalam bisnis online.

Bagaimana mengembangkan rencana pemasaran Usaha atau Bisnis

Rencana pemasaran usaha yang terfokus menetapkan dua tujuan. Yang pertama adalah untuk mempertahankan keterlibatan dan loyalitas pelanggan , dan yang kedua adalah untuk menangkap pangsa pasar dalam segmen audiens tertentu dari audiens target Anda.

Rencana pemasaran usaha Anda menguraikan strategi yang akan Anda gunakan untuk mencapai tujuan dan tindakan spesifik yang akan digunakan oleh tim pemasaran Anda, seperti kampanye penjangkauan khusus, melalui saluran mana mereka akan terjadi, anggaran pemasaran yang diperlukan, dan proyeksi keberhasilan mereka berdasarkan data .

Pemasaran usaha adalah komitmen yang didorong oleh ilmu pengetahuan yang biasanya membutuhkan data berbulan-bulan untuk menyempurnakan kampanye, dan rencana pemasaran yang saling berhubungan membuat bisnis Anda berkomitmen pada tujuan jangka panjangnya. 

Semua pedoman pemasaran akan berputar kembali ke empat P: produk, harga, tempat, dan promosi. Kiat-kiat berikut adalah titik awal yang akan menanamkan kebiasaan untuk terus kembali ke empat P ini.

1. Buat ringkasan eksekutif

Kampanye pemasaran usaha tidak boleh dianggap sebagai fungsi individual. Pemasaran adalah kisah merek Anda seperti yang diceritakan kepada pelanggan; seperti narasi apa pun, nada dan karakternya harus tetap konsisten. Ringkasan eksekutif merinci sasaran pemasaran Anda untuk tahun depan dan membantu menyatukan setiap kampanye. 

Saat menetapkan tujuan pemasaran Anda, mereka harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu atau SMART. Sasaran-sasaran ini harus bekerja sama untuk mencapai keselarasan internal dan eksternal, menceritakan kisah yang konsisten yang memberi tahu pelanggan tentang pesan Anda yang sebenarnya sambil membangun bab-bab sebelumnya. 

Misalnya, Anda dapat menetapkan sasaran SMART untuk meningkatkan lalu lintas media sosial perusahaan Anda sebesar 15% dalam jangka waktu 90 hari, dan berencana untuk mencapainya dengan membuat empat pos yang relevan, informatif, dan berkualitas tinggi per minggu di setiap platform, menggunakan kit merek perusahaan Anda. 

2. Identifikasi target pasar Anda

Sebelum Anda menulis rencana pemasaran usaha, Anda perlu menemukan dan memahami niche Anda. Tanyakan pada diri Anda siapa demografi spesifik yang Anda targetkan. Misalnya, jika bisnis Anda menjual makanan selama 30 menit, maka mereka yang bekerja dengan pekerjaan tradisional jam 9-ke-5 kemungkinan besar ada di pasar Anda. 

Pelajari kelompok individu tersebut untuk memahami perjuangan mereka dan pelajari bagaimana bisnis Anda dapat memecahkan masalah.

3. Bedakan brand Anda dengan inbound marketing

Pemasaran masuk menggunakan alat internal seperti pemasaran konten, aktivitas media sosial, dan optimisasi mesin pencari (SEO) untuk menarik perhatian pelanggan terutama melalui komunikasi online.

Pemasaran konten dapat mencakup posting blog yang informatif, wawancara, podcast dengan tokoh industri yang relevan atau panduan tambahan tentang cara terbaik menggunakan produk Anda. 

Misalnya, jika Anda menjual perlengkapan memasak, pertimbangkan untuk memposting beberapa resep menyenangkan di sekitar liburan yang dapat dibantu oleh peralatan Anda.

Masing-masing strategi ini memberdayakan yang lain dalam satu lingkaran untuk mencapai perhatian pelanggan yang lebih besar. Penawaran konten yang kuat dapat meningkatkan peringkat mesin pencari Anda, yang membawa lebih banyak orang ke situs web dan halaman sosial Anda. 

Anda kemudian dapat membagikan konten yang dikembangkan tersebut kepada audiens yang lebih luas, yang akan sekali lagi meningkatkan peringkat mesin pencari Anda. 

Semua ini dapat dilakukan tanpa biaya dari endorser terkenal atau kampanye iklan komersial. 

4. Identifikasi pesaing yang juga menargetkan pelanggan

Tidak peduli seberapa orisinal produk atau layanan Anda, selalu ada persaingan untuk dolar pelanggan target Anda. 

Personil bisnis kecil jarang meluangkan waktu untuk mempelajari pesaing mereka secara mendalam atau menentukan perusahaan di luar industri mereka yang juga mampu memikat pelanggan. 

Mengetahui siapa pesaing Anda, keunggulan kompetitif inti mereka, dan bagaimana mereka menanggapi penawaran Anda seperti pemotongan harga atau peningkatan komunikasi membantu Anda menyusun strategi untuk memerangi kerugian tersebut. 

Dengan mencari pesaing ini, Anda dapat mengembangkan cara untuk membedakan bisnis Anda dengan memberi konsumen hal-hal yang mungkin kurang dari pesaing Anda. Ini termasuk rencana pemasaran usaha yang sudah ditetapkan.

Amati bagaimana pesaing Anda beroperasi untuk menemukan cara di mana Anda dapat menonjol dan mengarahkan audiens target Anda ke bisnis Anda. 

5. Nyatakan posisi merek Anda untuk target pelanggan

Pada akhirnya, merek Anda dan apa yang dilambangkannya untuk pelanggan – adalah keunggulan terkuat Anda. Anda harus dapat menulis kalimat deklaratif sederhana tentang bagaimana Anda akan memenuhi kebutuhan pelanggan dan mengalahkan persaingan. Pernyataan pemosisian terbaik berfokus pada pemecahan masalah bagi pelanggan dengan cara yang mempromosikan nilai terbaik.

6. Anggaran rencana

Saat menerapkan strategi, pertimbangkan anggaran pemasaran usaha yang akan Anda alokasikan. 

Pemasaran membutuhkan uang untuk berbagai alasan, termasuk promosi berbayar, perangkat lunak pemasaran, acara, dan biaya outsourcing. 

Pertimbangkan anggaran Anda saat membuat rencana sehingga ada uang yang tersedia untuk dibelanjakan pada taktik pemasaran usaha untuk mencapai tujuan Anda. 

Saat menyusun rencana dan mengevaluasi tindakan Anda, perhatikan perkiraan biaya, aset, dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang dinyatakan; ini akan membantu ketika tiba saatnya untuk menetapkan anggaran yang dihitung sebenarnya. 

Setiap tujuan yang Anda buat harus dapat dicapai secara realistis dalam anggaran yang telah Anda tetapkan. 

Cara Promosi Marketing untuk Bisnis

Setelah Anda mengetahui elemen rencana Anda, langkah selanjutnya adalah mengembangkan cetak biru tentang bagaimana Anda akan menjangkau pelanggan target Anda. Selain media cetak dan siaran tradisional, berikut adalah tiga saluran pemasaran digital yang banyak digunakan oleh pemilik bisnis.

1. Media sosial

Media sosial adalah bagian penting dari rencana pemasaran bisnis, karena setiap jenis pelanggan ada di beberapa jenis platform seperti Facebook , Twitter , atau LinkedIn . Anda mungkin merasa kewalahan dengan berbagai kemungkinan, tetapi fokuslah pada situs yang paling menguntungkan bisnis Anda.

Brett Farmiloe, pendiri perusahaan pemasaran internet Markitors, menyarankan perusahaan yang memulai di media sosial untuk mengenal pelanggan mereka dan platform yang mereka gunakan.

“Cari tahu di mana pelanggan Anda menghabiskan waktu mereka, dan buka toko di platform tersebut,” katanya kepada Business News Daily. 

“Kembangkan strategi konten yang dapat dijalankan secara internal, [dan kemudian] jalankan strategi Anda dengan memposting konten bermerek di platform pilihan Anda.”

2. Email 

Meskipun pemasaran email tidak baru seperti pemasaran media sosial, ini adalah pilihan yang efektif dan populer bagi pemilik usaha kecil. 

Perusahaan dapat menerapkan teknik pemasaran email dalam banyak cara, termasuk buletin, kampanye promosi, dan email transaksional. Misalnya, Mailchimp dan Kontak Konstan membantu perusahaan mengelola kampanye tetes email mereka .

Farmiloe ditambahkan untuk membedakan upaya pemasaran email Anda dari yang lain dengan mengelompokkan pasar Anda.

“Tidak semua pelanggan ingin menerima ledakan yang sama,” katanya. “Pemasar email pintar meluangkan waktu untuk mengelompokkan pelanggan di awal, dan kemudian melanjutkan untuk melakukan segmentasi berdasarkan aktivitas pelanggan. 

Melalui segmentasi, perusahaan mengurangi jumlah berhenti berlangganan, meningkatkan tarif terbuka, dan yang terpenting, meningkatkan jumlah tindakan yang diambil dari pengiriman email.”

3. Hp Android

Popularitas smartphone dan tablet telah mengubah cara perusahaan menargetkan konsumen. Karena orang-orang memiliki perangkat ini hampir sepanjang waktu, perusahaan mencari untuk menerapkan strategi yang menjangkau pelanggan di gadget mereka.   

“Pemasaran seluler mengganggu,” kata Farmiloe. “Karena kekuatan inilah pemasar harus membiarkan konsumen menentukan bagaimana dan kapan menerima materi pemasaran. Itu sebabnya hampir setiap aplikasi dilengkapi dengan opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi. Konsumen harus memegang kekuasaan dengan pemasaran seluler.”

Nah itulah tips membuat rencana marketng usaha yang bisa dijadikan referensi untuk menambah wawasan sebelum terjun dalam bisnis terutama untuk pemasaran usaha melalui internet.

Post a Comment for "6 Tips Membuat Rencana Pemasaran Usaha"