Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Tahapan Marketing Funnel yang Perlu diketahui

Tahapan Marketing Funnel
 

Tahapan Marketing Funnel- Di dalam dunia marketing , funneling bisa kita pakai untuk mempermudah dalam membagi pembeli sudah berada di fase apa. Dan proses sales funneling adalah proses bagaimana marketer membuat pembeli yang baru mengenal produk kita menjadi ingin membeli produk kita.

Jadi tujuan nya adalah marketing Funnel adalah meyakinkan pembeli dengan cara menjelaskan sedetail mungkin agar mereka dapat membeli produk yang baru saja Anda Jelaskan kepadanya.

Apa Itu Marketing Funnel?

Marketing Funnel adalah menjelaskan dan menginformasikan kepada pembeli terhadap suatu tahapan yang harus dilalui sebelum melakukan pembelian. Mengenal marketing funnel adalah sesuatu yang sangat penting bagi pelaku bisnis, dengan harapan bisa meningkatkan omset hasil dari penjualan sebuah produk.

Jadi istilah marketing funnel adalah untuk meyakin kepada pembeli agar mereka dapat membeli produk yang anda jual. Jadi tujuan utamanya itu ya guys.


4 Tahapan Funnel marketing

Tahap-tahap funneling dibagi menjadi beberapa fase :


1. Awareness

Tahap orang baru saja kenalan. Dimana produk kita baru dikenal. Di sini penting untuk kita membuat sebuah brand atau image yang berbeda dengan kompetitor kita. 

Dengan begitu penjual lebih mudah mengingat kembali produk kita , contohnya : Produk AQUA yang mana bila kita ingin membeli produk dengan merk berbeda maka kita akan tetap menyebutkan untuk membeli AQUA.

2. Interest

Tahap berteman. Di sini penulis sebut “berteman” karena pembeli mulai tertarik dan percaya dengan kita. Di tahap ini kita bisa memberi value / nilai lebih , gampangnya kita ingin berteman dengan seseorang pasti karena orang tersebut memiliki sesuatu yang tidak dimiliki orang lain. Oleh karena itu kita tidak bisa berteman dengan semua orang.

Contoh : Pembeli mulai tertarik dengan kita karena kita adalah influencer dengan 1 juta pengikut di Instagram. Kita Memberi garansi untuk produk / layanan apabila rusak atau cacat maka akan diganti baru

(itulah kenapa influencer lebih mudah menjual barang karena trafficnya sudah ada dan lebih mudah percaya)

3. Decision

Tahap lebih dari berteman. Karena sudah lebih dari berteman kita jadi lebih enak dan mudah berkomunikasi. Di sini pembeli bisa kita Hard Selling , kita beri penawaran apakah dia akan lanjut membeli produk kita atau mungkin ada layanan “mencoba” terlebih dahulu seperti “Free 1 bulan Youtube Music”.

4. Action

Tahap Closing. Di sini kita bisa beri “Call To Action” seperti memberi rekening kita untuk melakukan pembayaran.

Kenapa Funneling Penting ?

Memahami proses Funneling ini penting karena selain kita jadi tahu dimana tahap pembeli kita berada, kita juga bisa belajar bagaimana pendekatan yang tepat di masing masing fase.

Kita tidak bisa langsung melakukan closing saat pembeli baru di tahap baru tahu (awareness). Kita juga tidak perlu lagi melakukan edukasi atau penjelasan detail tentang produk kita dengan pembeli yang sudah di tahap action .

Mari aplikasikan ke produk kita

Kak aku mau tanya untuk produknya apakah ready ?

A. Tahap interest , di sini kita berikan penawaran yang menarik

B. Tidak harus kita jelaskan dari awal tentang produk kita, beri tahu jika hanya dibutuhkan.

2. Kak serum ini buat kulit kering apa kulit lembap ya ?

A. Tahap Awareness

B. Beri penjelasan terlebih dahulu tentang produk kita

C. Jangan beri penawaran terlebih dulu kalau pembeli masih belum paham

3. Kak ini buy 1 get 1 ya ?

A. Tahap Decision dan Action

B. Di sini pembeli sudah paham tentang produk , sudah paham penawaran. Saatnya lakukan closing dan mulai hard selling.

C. Di sini kita bisa tawarkan produk” lain pendukung agar pembeli bisa spend more

Jadi sekarang dimana fase pembeli kita ? Sudah benar kah pendekatannya ? Mari kita saling sharing.

So, semoga artikel tentang mengenal marketing funnel ini dapat memberikan wawasan kepada kalian terutama untuk tahapan marketing funnel yang perlu kalian ketahui.

( Rahani )

Post a Comment for "4 Tahapan Marketing Funnel yang Perlu diketahui"