Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Cara Menghasilkan Uang dari Blogging Terbaru 2022

12 Cara Menghasilkan Uang dari Blogging
 


Apakah Anda ingin menghasilkan uang dari blog? Blogging adalah ide bisnis biaya rendah dengan potensi menghasilkan ribuan dolar per bulan. Panduan ini membagikan bagaimana Anda dapat menghasilkan uang dari blogging, dengan 11 aliran pendapatan yang digunakan oleh blogger profesional yang memperoleh penghasilan penuh waktu melalui blog.

Berapa banyak uang yang bisa didapat blogger?

Potensi untuk blogging hampir tidak terbatas. Blogger mapan seperti Ryan Robinson yang menjalankan blog tentang blogging dapat menghasilkan hingga $30.000 per bulan . Adam Enfroy, yang memulai blogging tentang bisnis blogging pada tahun 2019 sebagai usaha sampingan, menghasilkan $1,5 juta dari blognya hanya dalam dua tahun .

Bukan hanya pendapatan bulanan yang dapat diuangkan oleh blogger. Pasar seperti Flippa mencantumkan blog untuk dijual, banyak di antaranya datang dengan label harga enam digit yang lumayan. Blogger mendapatkan uang ketika proyek kreativitas mereka diperoleh. 

Sayangnya, tidak setiap blogger dapat menghasilkan jutaan melalui situs web mereka. Potensi pendapatan blog Anda tergantung pada dua faktor:

  • Niche Anda. Apakah orang menghabiskan banyak uang untuk produk di industri Anda? Industri perangkat lunak, misalnya, dapat menguntungkan, karena banyak perusahaan membayar komisi berulang. Blogger dapat memperoleh jumlah kecil setiap bulan, lama setelah pelanggan melakukan pembelian. (Lebih lanjut tentang ini nanti.) 
  • Strategi monetisasi Anda. Beberapa metode monetisasi blog tidak cocok untuk blogger baru yang ingin tetap berpegang pada nilai inti mereka—seperti tidak dibayar untuk memposting konten yang tidak Anda setujui. Hal ini dapat berdampak pada potensi penghasilan dalam jangka pendek. 

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan uang dari blog?


Blogging biasanya merupakan pekerjaan sampingan yang dilakukan orang dengan harapan, suatu hari, mereka akan dapat berhenti dari pekerjaan sehari-hari mereka. Namun lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan pendapatan yang besar bervariasi dari blogger ke blogger. 

Beberapa orang dengan pola pikir kewirausahaan menghasilkan $100 pertama mereka secara online dalam beberapa bulan seperti Brittany Berger, pendiri Work Brighter , yang mulai menghasilkan uang hampir seketika. Berger membuat unduhan digital sederhana seharga $20, yang dipromosikannya di buletin mingguan dan halaman pendaftaran buletinnya. “Dengan memulainya sejak awal masa hidup blog, saya dapat mengubah sebagian besar audiens,” katanya.

“Saya pikir menunggu untuk meluncurkan sesuatu sampai Anda memiliki audiens yang lebih besar dapat menciptakan lebih banyak tekanan untuk diri Anda sendiri, jadi saya senang saya bereksperimen dengan produk kecil ketika audiens saya kecil.” 

Mushfiq Sarkar adalah blogger lain yang memulai blogging di samping pekerjaan penuh waktunya pada tahun 2008. Meskipun Mushfiq tidak memiliki pengalaman pemasaran sebelumnya, dia berkata, “Saya meninggalkan pekerjaan saya pada April 2021 untuk fokus pada The Website Flip karena itu berkembang secara signifikan dan saya lebih bersemangat untuk mengembangkan situs web dan blog ini.”

Sekarang, blog tersebut menghasilkan pendapatan yang signifikan meskipun baru berusia beberapa tahun: “Saya meluncurkan pada puncak pandemi pada April 2020. Banyak orang mengenal saya dengan nama, tetapi bukan karena saya adalah seorang blogger aktif atau seseorang yang meliput industri. Saya mulai mendapatkan uang dengan cukup cepat dalam satu atau dua bulan.”

11 Ide menghasilkan uang dari blog


Mencari hiruk pikuk kreatif yang akan menghasilkan penghasilan tambahan? Baik Anda memulai blog baru atau mengembangkan blog yang sudah ada, berikut adalah 11 cara menghasilkan uang dari blogging.

1. Pilih Niche yang menguntungkan


Niche adalah topik spesifik dalam topik yang luas, seperti resep, pendidikan, tuturial, teknologi dll. Dengan memilih satu niche untuk blog Anda, pembaca membangun hubungan dengan situs Anda. 

Mereka tahu persis apa yang akan mereka dapatkan saat berkunjung, meningkatkan peluang Anda untuk menjadi pelabuhan pertama mereka saat mencari saran.

“Sebelum monetisasi, ini semua tentang kualitas dan keahlian jika Anda ingin menonjol,” kata Mushfiq, pendiri The Website Flip. 

“Pertama, cari tahu apa niche Anda dan mengapa Anda harus menulis tentang itu, dan buat persona untuk diri Anda untuk menjadi diri Anda sendiri dalam topik itu. Setelah itu terjadi, Anda akan membangun pengikut dari waktu ke waktu. Monetisasi menyusul nanti."

Anda akan menemukan blogger yang menghasilkan uang di berbagai bidang, mulai dari perangkat lunak bisnis hingga aksesori hewan peliharaan . Meskipun tidak semua niche bagus. 

Niche blog yang menguntungkan memenuhi tiga kriteria:

  • Ini adalah sesuatu yang Anda kuasai dan/atau minati. Blog membutuhkan banyak konten berkualitas tinggi secara konsisten untuk membangun audiens dan menghasilkan uang. Tidak hanya akan lebih menyenangkan untuk membuat blog tentang sesuatu yang Anda minati, tetapi Anda akan meningkatkan kemungkinan menghasilkan uang. Lebih mudah untuk tetap dengan hobi yang kita nikmati. 
  • Rendah dalam persaingan. Blog, merek, atau forum populer di niche Anda menunjukkan orang lain menghasilkan uang di dalamnya. Demikian pula, lakukan pencarian Google untuk menilai tingkat kesulitan peringkat kata kunci. Akan lebih sulit untuk mengarahkan lalu lintas organik jika merek terkenal (dengan anggaran pemasaran yang lebih besar) mendominasi halaman pertama hasil pencarian.
  • Potensi monetisasi. Lihatlah peluang monetisasi untuk setiap ceruk di daftar pendek Anda. Apakah perusahaan di ceruk itu membayar untuk mengiklankan produk mereka di blog lain? Apakah ada banyak program afiliasi yang menjual produk di industri itu? Keduanya adalah tanda-tanda niche blog yang menguntungkan. 

2. Buat daftar email 


Untuk menghasilkan uang dari blog Anda, Anda membutuhkan pembaca setia yang menghargai rekomendasi Anda.

Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat daftar email untuk blog Anda sendiri. Ketika seseorang memilih untuk mendengar dari blog Anda, Anda diberi izin untuk menjangkau pembaca di satu tempat yang lebih suci daripada yang lain: kotak masuk mereka.

“Pemasaran email sejauh ini merupakan saluran penjualan yang paling menguntungkan bagi saya. Saya bahkan tidak lagi mencoba menjual langsung dari saluran lain, melainkan mengarahkan orang-orang dari media sosial, kolaborasi, dan SEO ke daftar email saya," kata Brittany Berger, pendiri WorkBrighter

Dorong pengunjung blog untuk mendaftar ke milis Anda menggunakan kotak pop-up. Tujuannya adalah untuk membuat siapa pun yang berkunjung untuk pertama kalinya memilih untuk mendengar dari Anda menggunakan insentif, seperti:

  • Daftar periksa gratis
  • Daftar sumber daya atau produk yang direkomendasikan 
  • Konten blog yang dikemas dalam PDF (seperti resep yang dapat dicetak)
Setelah mereka mendaftar, terus pelihara hubungan itu dengan konten yang mendidik atau menghibur. Anda akan membangun audiens yang siap untuk membeli produk dari rekomendasi Anda. 

Ambillah dari Lily Ugbaja, yang awalnya memulai blognya FindingBalance.Mom “karena saya ingin tinggal di rumah bersama putra saya, melakukan sesuatu yang saya sukai, dan tetap menghasilkan uang.”

Lily membutuhkan waktu dua minggu untuk menghasilkan uang dari blog: “Saya menggunakan email untuk mempromosikan produk saya dan produk afiliasi yang relevan dengan tripwires dan grup Facebook. Anda menambahkan magnet timbal ke situs Anda sehingga orang-orang mendaftar setelah membaca artikel Anda. Alih-alih halaman sukses, Anda membagikan penawaran satu kali—produk kelas bawah dengan tarif diskon super, $7 dalam kasus saya. 

Meskipun blog melihat kurang dari 1.000 tampilan halaman bulanan, Lily mengatakan bulan pertamanya berakhir dengan lebih dari $100 dan, segera setelah itu, $100 menjadi "beberapa ribu" setiap bulan.

"Pikirkan blog Anda sebagai sarana untuk mencapai tujuan daripada tujuan itu sendiri," kata Lily. "Kebanyakan blogger sukses menghasilkan uang dengan produk dan afiliasi dan aliran tersebut tidak mengonversi tanpa perencanaan serius. Bangun corong, bangun mundur. Mulailah dengan produk yang ingin Anda jual kemudian buat konten blog yang mendukung penjualan produk itu."

3. Tulis ulasan produk bersponsor


Semua bisnis menginginkan bukti sosial untuk menunjukkan kepada pelanggan mereka bahwa produk mereka layak dibeli. Salah satu cara mereka mengumpulkannya adalah dengan membayar blogger untuk mempublikasikan ulasan.

Jangkau merek favorit Anda dan tanyakan apakah mereka tertarik untuk mensponsori ulasan di blog Anda. Jika Anda menggunakan produk di luar tujuan ulasan, taktik ini pada dasarnya tidak memerlukan biaya apa pun. Anda hanya dibayar untuk membagikan pendapat Anda tentang produk yang sudah Anda miliki. 

Namun, strategi monetisasi ini menjadi sedikit keruh. Komisi Perdagangan Federal (FTC) baru-baru ini mendenda Fashion Nova $ 4,2 juta karena menekan ulasan negatif, meskipun — seharusnya — layanan pihak ketiga meminta mereka. 

FTC memiliki serangkaian pedoman baru yang akan memengaruhi pedagang e-niaga dan, pada akhirnya, blogger yang mereka bayar untuk menulis ulasan bersponsor. 

Hindari mendaratkan blog Anda di air panas dengan:

  • Mengungkapkan apakah Anda diberi insentif untuk menulis ulasan. Jika Anda dibayar untuk menerbitkan ulasan, misalnya, sertakan penafian berikut dalam pengantar artikel Anda: “Saya telah dibayar untuk menulis ulasan ini dan mungkin mendapat komisi jika Anda membeli produk ini.”
  • Menjadi jujur. Bagikan yang baik dan yang buruk untuk membantu pembaca membuat keputusan yang tepat tentang apakah mereka harus membeli item yang Anda ulas. 

4. Jual penempatan iklan


Perusahaan bersedia membayar blogger untuk penempatan iklan di situs web mereka. Pinjamkan mereka ruang yang tidak terpakai dengan imbalan biaya. 

Ada dua rute untuk membangun aliran pendapatan ini untuk blog Anda:

  • Bernegosiasi dengan perusahaan secara individual. Temukan perusahaan di niche Anda dan tanyakan apakah mereka tertarik untuk beriklan di situs Anda. Ini adalah pendekatan yang lebih memakan waktu dan Anda akan membutuhkan keterampilan negosiasi yang kuat, tetapi jika dilakukan dengan baik, ini dapat menghasilkan uang paling banyak. 
  • Gunakan jaringan periklanan. Lebih suka pendekatan lepas tangan? Platform seperti Google AdSense , Mediavine , dan AdThrive mengklaim ruang di blog Anda dan menangani penagihan pengiklan. Cukup sematkan kode mereka di situs Anda dan dapatkan bayaran untuk menampilkan iklan.
Bagi Emily Brookes, seorang blogger di Emily May , iklan bergambar adalah saluran penjualan yang paling menguntungkan untuk blog saya. "Sekitar 60% pendapatan blog saya berasal dari iklan bergambar," katanya. "Iklan menghasilkan uang bagi saya secara konsisten setiap bulan, bahkan ketika saya belum menerbitkan konten baru apa pun." 

Untuk menjadikan iklan sebagai aliran pendapatan yang substansial untuk blog Anda, mengarahkan lalu lintas situs web harus menjadi prioritas.

Jaringan iklan seperti Google AdSense membayar per 1.000 tayangan (CPM), dengan BPS rata-rata untuk iklan bergambar turun sekitar $1,25. Semakin banyak orang yang terpapar iklan di blog Anda, semakin banyak uang yang akan Anda hasilkan. 

Baik Mediavine dan AdThrive juga mengharuskan blogger untuk memenuhi persyaratan tampilan halaman minimum sebelum mendaftar untuk bergabung dengan jaringan. Ini adalah investasi yang akan membayar dividen dalam jangka panjang. Monica Lent, pendiri Not a Nomad Blog , menghasilkan bagian pendapatan tertinggi melalui jenis iklan blog ini.

Afoma Umesi menjalankan blog bukunya, Reading Middle Grade , di samping. “Saya tidak memiliki pengalaman dan memulai blogging sebagai hobi sebelum memutuskan untuk memonetisasi situs secara serius,” katanya.

“Saya membutuhkan sesuatu yang pasif, jadi saya memilih iklan dan tautan afiliasi. Saya tidak ingin membuat atau menjual produk atau layanan digital saat ini dan saya bukan penggemar berat postingan bersponsor, jadi iklan sangat cocok. Yang saya butuhkan hanyalah lalu lintas.

Membaca Kelas Menengah saat ini menghasilkan antara $800 dan $1.000 per bulan—tiga perempatnya berasal dari jenis iklan ini. Afoma mengatakan, “Jangan takut atau malu menggunakan iklan. Mereka tidak nyaman bagi beberapa pengguna, tetapi jika Anda memberikan nilai dan menggunakannya secara wajar, sebagian besar pengguna hampir tidak memperhatikan iklan tersebut.”

5. Bergabunglah dengan program pemasaran afiliasi 


Afiliasi pemasaran adalah proses merekomendasikan produk ke audiens blog Anda. Anda akan menerima komisi ketika mereka membeli produk menggunakan tautan khusus Anda. 

Ini adalah peluang pendapatan yang besar bagi blogger, karena konten yang Anda bagikan akan memengaruhi keputusan pembelian mereka. Jadikan blog Anda sebagai pusat konten pendidikan dan Anda akan membangun faktor pengetahuan, kesukaan, dan kepercayaan yang diperlukan untuk menghasilkan penjualan. 

Keindahan pemasaran afiliasi adalah Anda tidak perlu membuat produk sendiri. Hubungkan ke bisnis e-niaga yang ada dan jadilah tenaga penjualan virtual untuk mereka. Tidak perlu khawatir tentang memproduksi materi pemasaran, mengirimkan produk, atau berurusan dengan layanan pelanggan.  

Untuk menghasilkan uang dari blogging menggunakan metode ini, bergabunglah dengan jaringan pemasaran afiliasi seperti ShareASale , AWIN , atau ClickBank . Jelajahi program yang tersedia di industri Anda, ajukan permohonan untuk bergabung dengannya, buat tautan khusus, dan lacak pendapatan afiliasi melalui dasbor. 

Anda juga dapat mencari program afiliasi tiket tinggi dari pedagang yang menjual produk mahal, seperti elektronik, perhiasan, atau perangkat lunak. Blogger mendapatkan cek yang cukup besar saat merekomendasikan item tersebut kepada pembaca. Afiliasi Shopify , misalnya, dapatkan komisi 100% untuk dua pembayaran pertama dari paket berlangganan apa pun.

6. Menawarkan layanan


Produk sampingan alami dari membangun audiens Anda berarti lebih banyak orang mengasosiasikan nama Anda dengan topik blog yang Anda tulis. Itu cara yang bagus untuk membangun otoritas sesuatu yang dicari orang saat mempekerjakan orang untuk menyelesaikan suatu layanan.

“Jika Anda berada di ruang B2B seperti saya, konsultasi adalah penghasil pendapatan yang besar. Jika Anda memiliki beberapa keahlian dan orang-orang benar-benar membaca konten Anda, konsultasi seperti apa yang dapat Anda lakukan untuk mereka? Ini adalah pendapatan tinggi, cara komitmen rendah untuk menghasilkan uang dari blogging, "kata Mushfiq, pendiri The Website Flip

Meskipun menjalankan bisnis berbasis layanan memakan waktu, ini bisa menjadi cara cepat untuk menghasilkan uang secara online . Minta tarif per jam yang lebih tinggi, dan temukan klien dengan bayaran tinggi, dengan menggunakan konten blog Anda sebagai cara untuk menunjukkan keahlian Anda. 

Contoh layanan yang dapat Anda jual di samping blog Anda meliputi:

  • Pelayanan konsultasi
  • Desain grafis
  • Penulis lepas
  • Bantuan virtual 
  • Kelas atau lokakarya 

Hemat waktu menjadwalkan janji dan menerima pembayaran dengan aplikasi seperti Acuity dan Calendly . Promosikan layanan Anda melalui blog baik itu halaman arahan mandiri atau iklan bergambar di bilah sisi Anda dan mulailah memesan klien baru. 

7. Jual produk digital 


Produk digital adalah cara yang lebih terukur untuk menghasilkan uang dengan menjual barang-barang di samping blog Anda. Tidak seperti bisnis berbasis layanan, Anda tidak menukar waktu dengan uang. Dan, tidak seperti menjual produk fisik, tidak ada biaya pengiriman atau produksi. 

Anda dapat membuat produk digital sekali dan menjualnya dalam jumlah tak terbatas melalui blog Anda karenanya frasa “bangun sekali, jual dua kali.” 

  • “Saya memutuskan untuk menambahkan barang-barang cetakan dan segera produk digital lainnya untuk mendiversifikasi pendapatan saya dan memberikan lebih banyak kendali di tangan saya sendiri. Sejauh ini, saya membiarkan pembaca memutuskan berapa banyak yang ingin mereka bayar untuk barang-barang cetakan saya, itulah sebabnya jumlah pendapatan tidak gila. Namun, saya telah mencatat lebih dari 800 unduhan, jadi saya cukup bangga akan hal itu.”  Dylan Houlihan, pendiri Swift Gaji
Cari tahu produk digital apa yang akan dibeli audiens Anda menggunakan survei pembaca dengan pertanyaan, “Masalah apa yang Anda perlukan bantuannya yang belum diselesaikan oleh blog untuk Anda?” Jawaban dapat mengungkap ide yang dapat Anda kemas dan jual sebagai:

  • Ebook
  • Barang-barang yang dapat dicetak
  • Buku kerja  
  • Kursus online 

Benjamin Houy telah menjalankan blog French Together secara penuh selama delapan tahun. Bagian dari strategi monetisasi blog mencakup produk digital khususnya kursus bahasa Prancis , yang mendorong 90% pendapatan blog.

“Iklan dan tautan afiliasi bisa menjadi strategi monetisasi yang bagus tergantung pada niche, tetapi membuat produk lebih mudah dan lebih menguntungkan daripada yang dipikirkan kebanyakan blogger,” kata Benjamin. “Produk Anda tidak harus menjadi produk terbaik yang mutlak ketika Anda meluncurkannya, itu hanya harus menjadi sesuatu yang audiens Anda benar-benar berguna dan akan dengan senang hati membayarnya.

“Menjual produk Anda sendiri adalah hal yang luar biasa karena Anda dapat memperbaikinya berdasarkan masukan dari orang-orang dan Anda tidak perlu khawatir tentang program afiliasi yang dihentikan atau semakin banyak orang yang menggunakan pemblokir iklan.”

8. Jual produk fisik


Apakah blog Anda memiliki pengikut kultus? Pembaca setia blog dengan cepat menjadi penggemar yang bersemangat, bersemangat untuk mendukung influencer favorit mereka. Bantu mereka melakukannya sambil juga menghasilkan pendapatan untuk blog Anda dengan menjual produk fisik.

Model print-on-demand bekerja dengan baik untuk bisnis blogging kecil karena Anda hanya membayar biaya produksi saat pembaca membeli produk. Tidak ada kelebihan persediaan, biaya penyimpanan, atau biaya dimuka yang tinggi saat memproduksi produk dalam jumlah besar. 

Gunakan layanan seperti Printful atau Printify untuk membuat merchandise kustom, seperti:

  • Mug
  • T-shirt
  • Stiker 
  • Poster
  • Tas gendong
  • Kasus telepon 

Mencari inspirasi? $ 100K Pertamanya menjual barang dagangan dengan mengirim pesan ke dukungan pembaca targetnya. Anda akan melihat frasa yang terkenal dengan blog ini, seperti "Smash the Patriarchy" dan "Financial Feminis", di tas jinjing dan kaos bermerek. 

Lebih suka sesuatu yang lebih praktis? Mulai toko online pertama Anda dan perlakukan audiens blog Anda sebagai basis pelanggan awal Anda. 

Salah satu merek kecantikan paling terkenal di dunia menjadi hidup berkat blog sang pendiri. Emily Weiss berbagi tips kecantikan di blognya, Into The Gloss, dan membangun audiensi penggemar setia. Dia kemudian mengembangkan lini perawatan kulit yang melayani pembaca blog. Itu adalah titik awal untuk Glossier merek kecantikan yang sekarang bernilai lebih dari $1 miliar .

Richard Belton adalah pengusaha lain yang mengambil pendekatan ini. Dia telah menulis blog tentang sirup maple di blognya, Kaito Ridge , selama hampir delapan tahun, menggunakan situs tersebut sebagai cara untuk menghasilkan pendapatan melalui komisi afiliasi Amazon. 

Namun, Richard baru-baru ini mengubah strategi monetisasi blognya dan mengendalikan potensi pendapatan situs dengan memulai toko Shopify pertamanya . “Saya sedang dalam proses mengarahkan artikel, posting blog, dan posting informasi saya untuk menautkan ke toko Shopify saya sendiri dan mengurangi ketergantungan pada Amazon,” katanya.

9. Buat komunitas keanggotaan


Berikan pembaca Anda pengalaman VIP yang paling terlibat pengalaman yang harus mereka bayar dengan sedikit biaya sebagai gantinya. 

Jenis komunitas ini adalah bagian penting dari koneksi sosial sesuatu yang sangat penting di dunia yang semakin mengutamakan online. Tidak hanya komunitas yang terbukti meningkatkan kesehatan mental , tetapi 52% pembeli akan membelanjakan lebih banyak untuk merek (atau blog) dengan nilai-nilai bersama. 

Ambillah dari Michael Keenan, yang menjalankan komunitas keanggotaan di samping blog Peak Freelance : “Jika Anda menginginkan aliran pendapatan yang konsisten untuk upaya blogging Anda, buat program keanggotaan. Anda dapat menawarkan konten eksklusif seperti buku pegangan dan kursus, penawaran khusus bahkan saluran Slack seperti yang kami tawarkan untuk anggota Peak Freelance.

“Atur biaya keanggotaan Anda secara bulanan atau tahunan. Memberikan diskon kecil bagi mereka yang membayar tahunan. Ini memberi Anda suntikan uang tunai yang bagus yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan konten dan produk baru untuk anggota.”

10. Uangkan video YouTube


Sudahkah Anda bergabung dengan program afiliasi dalam upaya memonetisasi blog Anda? Perluas jangkauan Anda dan selanjutnya, aliran pendapatan Anda dengan mendiversifikasi konten yang Anda buat. Mari selami berbagai cara menghasilkan uang di Youtube  sebagai perluasan konten blog Anda.

Tambahkan pemasaran video ke daftar Anda untuk memaksimalkan komisi afiliasi. Sekitar 88% orang telah diyakinkan untuk membeli sesuatu setelah menonton video bermerek. Jadikan itu sebagai tutorial, ulasan, atau tangkapan Anda dan Anda akan mendapatkan imbalan saat pemirsa membeli di balik rekomendasi Anda. 

Tingkatkan dolar yang Anda peroleh melalui blog Anda dengan memperlakukan setiap konten seperti fondasi skrip video. Rekam diri Anda berbicara tentang topik yang sama, lalu edit video dan unggah ke YouTube.

Para blogger di balik A Beautiful Mess , misalnya, memublikasikan video YouTube yang menunjukkan cara membuat rak bawaan . Deskripsi video mengarahkan orang ke artikel blog, yang berisi tautan afiliasi ke produk yang digunakan dalam tutorial. 

Strategi ini berhasil karena beberapa alasan. Pertama, tidak semua orang senang membaca konten online. Beberapa orang lebih suka menonton video. Anda berpotensi mengasingkan ribuan orang dengan hanya menghasilkan teks tertulis.

Kedua, Google dan YouTube adalah dua mesin pencari paling populer di dunia. Berbagi konten ke kedua platform meningkatkan kemungkinan pembaca target Anda menemukannya—dan oleh karena itu, membeli produk yang menjadi afiliasi Anda.

Untuk beberapa pertanyaan, algoritma Google menarik video YouTube di halaman hasil mesin pencari (SERP). Hal pertama yang akan Anda lihat di SERP untuk "cara merawat anjing Anda di rumah", misalnya, adalah video YouTube tentang topik tersebut.

Bagian terbaik? Saluran YouTube yang aktif memperluas peluang pendapatan Anda. 

Platform ini dilengkapi dengan serangkaian fitur monetisasinya sendiri, termasuk program Mitra YouTube, yang tersedia untuk vlogger dengan lebih dari 1.000 pelanggan dan 4.000 jam tonton. Setelah terdaftar, YouTube akan menampilkan iklan sebelum video Anda dimuat. Anda akan dibayar setiap kali pemirsa menontonnya cara yang bagus untuk menambah penghasilan blog Anda. 

11. Buat podcast dan dapatkan sponsor


Berbicara tentang format alternatif, podcast lebih populer dari sebelumnya. Lebih dari separuh konsumen AS telah mendengarkan podcast naik dari 33% pada tahun 2015.

Tapi episode tidak hanya mengisi waktu di perjalanan pagi. Studi menunjukkan bahwa 53% pendengar akan mencari informasi lebih lanjut secara online setelah mendengar tentang suatu produk melalui sponsor podcast. 35% lainnya akan memicu percakapan dengan teman tentang item yang dimaksud. Kedua poin tersebut menjadikannya proposisi yang menarik bagi merek yang ingin memperluas jangkauan mereka.

Manfaatkan perhatian audiens Anda dengan memproduksi podcast Anda sendiri. Rekam diri Anda berbicara tentang topik di niche Anda dan sindikasikan setiap episode ke platform streaming seperti Apple Podcasts atau Spotify.

Jangkau merek di niche Anda dengan peluang sponsor. Jual ruang iklan dan beri perusahaan jalan pintas untuk menjangkau audiens target mereka dengan imbalan biaya sponsor. 

Kalkulator pendapatan podcast ini menunjukkan seorang blogger dengan:

  • 10.000 episode unduhan 
  • Empat episode baru setiap bulan
  • Dua iklan (satu pra-putar) 
  • Dapat menambah pendapatan hingga $16.000 per tahun.

Kelemahan dari pendekatan podcast ini adalah biayanya bisa mahal — baik dari segi waktu maupun uang. Dibutuhkan waktu untuk membangun hubungan dengan audiens baru. Anda juga memerlukan peralatan, seperti mikrofon berkualitas tinggi dan perangkat lunak pengeditan, untuk memproduksi podcast itu sendiri.

Tapi lakukan dengan benar dan ada potensi untuk menambahkan aliran pendapatan lain yang menguntungkan ke bisnis blogging Anda. 

Ubah blog Anda menjadi penghasil uang 


Membangun bisnis blogging bukanlah proses linier. Penghasil pendapatan terbaik bergantung pada niche Anda, hubungan dengan audiens Anda, dan format konten yang Anda hasilkan. Pertama-tama, fokuslah untuk membangun konten yang hebat dan pembaca yang setia, lalu bereksperimenlah dengan taktik monetisasi ini. 

Post a Comment for "12 Cara Menghasilkan Uang dari Blogging Terbaru 2022"