Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Tips Sukses Jualan Online di Amazon

Jualan Online di Amazon
 

Cara jualan online di amazon - Apakah kalian berpikir untuk jualan online di amazon? atau ragu berjualan di amazon karena marketplace nya berada di luar negri? Mungkin artikel ini dapat memberi wawasan kepada kalian semua untuk tata cara berjualan online di amazon.

Sebagai marketplace yang berada diluar negri, tentu saja banyak masyarakat yang bingun cara berjualan online khususnya di amazon. Sebetulnya punya niat untuk berjualan online di amazon tapi kemungkinan jawaban cuma 1 yaitu karena marketplace yang berada diluar negri sehingga tidak ingin berjualan bukan?

Oh ya buat kalian yang ingin berjualan di ebay, silahkan baca artikelnya disini ya guys - cara jualan di ebay

Cara jualan online

Berpikir untuk melakukan penjualan online atau mencari cara untuk meningkatkan penjualan online?

Ada banyak pilihan untuk berjualan online. Beberapa saluran penjualan dapat membantu Anda menjual barang dan perlengkapan bekas, sementara yang lain akan mengirimkan atau menjual atas nama Anda. Menjual secara online dengan Amazon sangat ideal jika Anda ingin menjual produk baru, membangun bisnis, dan menjangkau banyak pelanggan.

Dalam artikel ini, kami akan menawarkan kiat umum tentang cara menjual secara online dengan sukses, ditambah panduan lebih mendalam tentang bagaimana Anda dapat menjangkau 300 juta pelanggan yang berbelanja di toko Amazon di seluruh dunia.

Tips sukses jualan online di Amazon

Pakaian, buku, seni, barang antik, produk makanan apa saja, Anda mungkin bisa menjualnya secara online. Baik Anda ingin berspesialisasi dalam barang olahraga atau elektronik, berikut cara memulainya:

1. Cari tahu apa yang ingin Anda jual

Produk apa yang paling laris secara online? Niche apa yang paling menguntungkan bagi Anda? Untuk menentukan ide bisnis online apa yang tepat untuk Anda, jelajahi minat Anda dan fokuskan pada kekuatan Anda.

Untuk inspirasi, lihat daftar ide bisnis ini. Anda akan mendengar lebih dari 40 pengusaha yang telah menemukan kesuksesan di berbagai ceruk yang berbeda.

2.Pilih saluran penjualan yang tepat

Apa yang Anda coba jual? Siapa yang Anda coba hubungi? Baik itu koleksi seni atau celana kulit ungu antik, pertimbangkan jumlah produk yang Anda jual. Ini, pada gilirannya, akan memengaruhi jenis saluran penjualan apa yang paling cocok untuk Anda.

Jika Anda sedang membersihkan rumah, maka situs web tempat Anda dapat membuat daftar beberapa item sekaligus mungkin merupakan pilihan terbaik Anda. Jika Anda sedang membangun bisnis, Anda memerlukan akses ke analitik, ulasan pelanggan, dan pelanggan dalam jumlah besar.

3. Periksa daftar dan biaya penjualan

Biaya untuk menjual secara online akan bervariasi dengan saluran penjualan yang berbeda. Pastikan untuk memperhatikan biaya dan biaya lainnya saat Anda memutuskan opsi untuk bisnis Anda.

Beberapa toko akan membebankan sedikit biaya untuk mendaftarkan produk, sementara yang lain menawarkan daftar gratis. Berikut rincian cepat dari berbagai biaya yang akan Anda temui:

  • Biaya pendaftaran: biasanya, biaya tetap untuk mendaftar di situs, baik per item atau biaya bulanan
  • Biaya penjualan: persentase dari harga jual (mungkin termasuk pengiriman dan penanganan)
  • Biaya pemrosesan pembayaran: terkadang dikenakan biaya jika Anda menerima kartu kredit

Biaya bisa bertambah. Jika menghindari biaya adalah prioritas utama Anda, maka paket yang membebankan biaya kepada Anda di akhir penjualan (seperti paket Amazon Individual) dapat membantu Anda memangkas biaya. Pelajari lebih lanjut tentang rencana penjualan Amazon.

4. Putuskan bagaimana Anda akan menangani pengiriman

Waktu pengiriman dapat membuat atau menghancurkan penjualan. Sebuah survei pembeli AS menemukan:

  • Pengiriman gratis adalah faktor terpenting bagi 83% pembeli saat memesan secara online
  • Lebih dari setengah (54%) telah meninggalkan keranjang belanja online karena biaya pengiriman

Pertimbangkan berapa biaya pengiriman barang dan seberapa jauh Anda bersedia mengirimkannya. Beberapa penjual dengan senang hati mengirimkan produk secara internasional dan akan mendapat manfaat dari toko seperti Amazon dengan basis pelanggan di seluruh dunia.

Penjual lain lebih suka bertransaksi secara lokal dan hanya mengizinkan pesanan diambil atau diturunkan dalam radius kecil.

Beberapa toko mungkin memiliki ekspektasi waktu pengiriman dan pemrosesan jika Anda akan mengirimkan barang, sementara yang lain akan mengirimkan produk untuk Anda. Ini dapat memakan keuntungan Anda tetapi juga dapat menghemat waktu dan kerumitan Anda.

1. Cara kerja pengiriman di Amazon

Saat pelanggan membeli produk, Amazon dapat mengirimkan pesanan untuk penjual dengan Fulfillment by Amazon (FBA), atau penjual dapat memenuhi pesanan mereka sendiri. Banyak penjual Amazon menggunakan campuran keduanya.

2. Pengiriman Amazon Prime

Banyak pelanggan Amazon mencari produk dengan lencana Perdana karena menunjukkan pengiriman yang cepat dan gratis. Menggunakan FBA untuk mengirimkan produk adalah cara termudah bagi penjual untuk mendapatkan lencana Utama untuk sebagian besar penawaran.

3. Pemenuhan oleh Amazon (FBA)

Saat penjual mendaftar untuk menjual di toko Amazon, mereka secara otomatis terdaftar di FBA. Jika mereka memutuskan untuk berpartisipasi, mereka mengirim inventaris ke pusat pemenuhan Amazon, dan Amazon menangani pengiriman, layanan pelanggan, pengembalian uang, dan pengembalian untuk produk tersebut.

4. Pemenuhan penjual

Beberapa produk tidak ideal untuk FBA. Misalnya, barang berbahaya tertentu tidak memenuhi persyaratan pusat pemenuhan, dan beberapa produk musiman mungkin dikenakan biaya penyimpanan yang berlebihan. Penjual lain mungkin sudah memiliki jaringan logistik, atau alasan bisnis lain untuk memenuhi pesanan mereka sendiri.

5. Ambil foto yang bagus

Visual yang baik membantu pelanggan melihat produk secara detail sebelum mereka membeli. Untuk membuat visual yang sangat baik untuk produk:

  • Ambil foto di area yang cukup terang
  • Pilih latar belakang polos
  • Hindari filter foto

Sertakan beberapa foto yang menunjukkan sudut berbeda dari setiap produk

Hindari membayangkan produk lain yang tidak termasuk dalam pesanan

Jika memungkinkan, tambahkan video produk untuk membantu pelanggan memvisualisasikan produk. Foto dan video yang bagus adalah beberapa cara terbaik untuk meningkatkan penjualan dan mengurangi pengembalian.

Sebagian besar toko memiliki spesifikasi yang tersedia untuk fotografi produk, termasuk Amazon.

6. Buat deskripsi yang menarik dan apa adanya

Jujurlah tentang kondisi produk dan sertakan kata kunci yang tepat untuk membantu produk muncul di hasil pencarian bagi pelanggan yang mencari barang serupa.

Di Amazon, Anda dapat mencantumkan cuplikan di bagian atas halaman daftar produk, dan menambahkan lebih banyak info di bawah. Gunakan semua ruang yang tersedia untuk memaksimalkan peluang penjualan produk.

7. Teliti harga jual yang tepat

Salah satu cara mudah untuk membandingkan dan menetapkan harga adalah dengan aplikasi Penjual Amazon, di mana Anda bisa mendapatkan harga tingkat produk dan melihat harga pesaing semuanya di satu tempat. Anda juga dapat melihat harga kecocokan rendah, harga Penawaran Unggulan, dan lainnya di telapak tangan Anda.

8. Kemas barang dengan hati-hati

Gunakan bahan kemasan yang tepat untuk melindungi barang dari kerusakan dalam perjalanan dan termasuk ongkos kirim yang tepat. Terkadang sentuhan bijaksana seperti stiker kecil atau catatan tulisan tangan bisa sangat membantu untuk mendapatkan bisnis yang berulang.

9. Fokus untuk memuaskan pelanggan

Aturan emas penjualan online? Ambil pendekatan yang berpusat pada pelanggan.

Mulailah dengan pelanggan dan bekerja mundur. Jenis pelanggan apa yang Anda coba tarik? Apakah Anda ingin melayani barang-barang khusus untuk komunitas penggemar? Atau apakah Anda ingin menarik beragam pelanggan dan memiliki jangkauan seluas mungkin?

Nah sampai disini kita sudah belajar tentang cara menjual online di amazon yang mungkin saja dapat memberikan ilmu jualan kepada kalian semua.

Semoga bermanfaat dengan tips menjual online di amazon ini dapat bermanfaat buat kita semua ya guys.

Post a Comment for "9 Tips Sukses Jualan Online di Amazon"