Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Jualan Online yang Efektif untuk Pemula

 

Tips Jualan Online yang Efektif untuk Pemula - Tips berjualan online untuk pemula adalah suatu aktivitas yang dimana berjualan suatu produk secara online. Pertimbangkan skenario berikut: Anda sedang mempertimbangkan untuk mengambil alih pekerjaan Anda dan potensi pertumbuhan Anda, tetapi Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan. Atau, panduan ini akan memandu Anda melalui fakta dan teknik yang Anda perlukan untuk menjalankan bisnis Anda dengan penjualan online pada tahun 2022.

Ketika berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda harus terlebih dahulu menentukan jenis bisnis apa yang ingin Anda jalankan, bagaimana Anda akan menemukan klien, dan bagaimana Anda akan mengirimkan barang Anda kepada pelanggan. Anda harus tahu cara berjualan online. 

Pertanyaan pertama yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri adalah bagaimana Anda ingin menghasilkan pendapatan untuk perusahaan Anda. Manakah dari skenario berikut yang Anda bayangkan untuk Anda jual: toko fisik biasa, toko online dengan penjualan langsung, atau hanya toko online?

Sekalipun ada keuntungan tertentu untuk memiliki bisnis tatap muka yang nyata, seperti yang telah kita lihat sejak awal tahun 2020, bahayanya melebihi keuntungannya, membuat penjualan online jauh lebih menarik daripada metode penjualan lama.

7 Tips Jualan Online untuk Pemula

Menjual secara online di Indonesia bisa menjadi proses yang sulit, terlepas dari apakah Anda seorang penjual pemula atau berpengalaman. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah ada rekomendasi jualan online untuk pemula di Indonesia. 7 teknik penjualan internet untuk Filipina akan dibahas dalam artikel hari ini.

1. Mengatur Strategi Bisnis yang Baik

Saat memulai bisnis online di internet dalam bentuk apa pun, salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan orang adalah tidak menyusun bisnis berdasarkan strategi. 

Untuk menghindari hal ini, pertama-tama Anda harus mengembangkan strategi perusahaan yang memungkinkan Anda mengambil aktivitas yang tepat yang akan mengarah pada kesuksesan.

Katakanlah Anda berada dalam bisnis penjualan ponsel. Apa yang biasanya dilakukan penjual adalah menjadi gila di semua platform media sosial dan menghabiskan uang untuk promosi dengan harapan seseorang akan membeli produk mereka. Metode ini mungkin efektif untuk orang-orang tertentu, tetapi jarang merupakan rencana jangka panjang yang baik. 

Bagaimana seseorang bisa pergi jika seseorang menjual online tetapi tidak memiliki sumber daya untuk memasarkan secara konstan atau waktu untuk menghabiskan berjam-jam di platform media sosial?

Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan teknik berbeda yang sama efektifnya dengan yang Anda miliki saat ini. Misalnya, Anda dapat membuat konten video untuk YouTube dan membagikannya dengan orang lain. 

Satu keuntungan tambahan adalah, setelah Anda memublikasikan film, Anda dapat menerima penayangannya kapan saja, siang atau malam, tanpa melakukan pekerjaan lebih lanjut (jika Anda ingin membangun saluran, Anda harus terus bekerja). Keuntungan kedua adalah, saat saluran Anda semakin populer, Anda mungkin dapat menghasilkan uang melalui iklan Google.

2. Pilih Marketplace yang populer

Di mana Anda berencana untuk menjual produk atau menyediakan layanan Anda? Apakah Anda berencana untuk menjual barang Anda di situs web atau melalui media sosial? Saat mempertimbangkan saran penjualan online di indonesia , penting untuk memilih platform yang paling tepat untuk audiens target Anda. Karena kenyataan bahwa sebagian besar orang Indonesia menggunakan media sosial setiap hari.

Anda juga dapat bergabung dengan grup dan mempromosikan video langsung, yang dapat membantu Anda menjual barang-barang tertentu. Namun, ini harus sesuai dengan demografi target Anda. 

Mungkin lebih baik, jika Anda menjual arloji kelas atas, untuk memiliki situs web profesional dan aman yang menyertakan informasi kontak yang terlihat untuk perusahaan Anda daripada memposting video langsung Facebook pada hari yang acak. 

Ada banyak platform penjualan online yang tersedia di Indonesia, jadi memilih platform yang paling tepat untuk audiens target Anda akan sangat penting.

Untuk marketplacenya seperti shoppe, bukalapak,tokopedia,blibli, lazada dll.

3. Mengenal seluk beluk jualan online

Salah satu rekomendasi penjualan online terpenting untuk pemula di Indonesia adalah mencari ide atau referensi dalam semua aspek dunia digital. 

Bahkan jika Anda adalah seorang veteran berpengalaman dalam penjualan online, ini adalah teknik yang disarankan untuk membantu Anda menonjol dari keramaian dan mencapai kesuksesan. Pelajari tentang meningkatkan penjualan online Anda . 

Kebenaran umum adalah bahwa kecepatan teknologi terus meningkat dari tahun ke tahun, dan ini juga berlaku untuk dunia penjualan online. Misalnya, Google menyatakan tahun lalu bahwa volume pencarian mereka telah menurun sedikit untuk pertama kalinya dalam lebih dari 12 tahun, yang merupakan pertama kalinya dalam sejarah perusahaan. 

Pada minggu yang sama, terungkap bahwa YouTube adalah mesin pencari paling populer kedua di dunia, di setelah Google dan Bing.

Apa manfaat ini bagi Anda? Mungkin bagi vendor online untuk mendapatkan keuntungan dari ini karena cara kita mencari informasi (seperti di mana membeli produk, antara lain) berubah. 

Jika Anda ingin menjadi vendor online yang sukses di Filipina di masa mendatang, Anda harus pergi ke tempat pelanggan Anda telah menghabiskan waktu mereka.

4. Bergabung dengan komunitas

Di Indonesia, tips berjualan online bagi pendatang baru berikutnya adalah berkolaborasi dengan orang lain di komunitas. Ketika berbicara tentang penjualan, salah satu hal yang paling penting untuk diingat adalah bahwa dari mulut ke mulut cukup signifikan. 

Jika audiens target Anda berada di negara lain, dari mulut ke mulut masih sepopuler forum dan ulasan yang berlimpah di Internet.

Nah, bagaimana cara berkolaborasi dengan komunitas untuk mengembangkan usaha jualan online Anda? Ketika Anda dapat memberikan sesuatu kepada komunitas sambil juga menerima hadiah yang lebih tinggi, Anda telah menemukan kombinasi yang ideal. 

Contoh klasiknya adalah program rujukan, di mana Anda membayar komisi kecil kepada agen rujukan atau pemasar afiliasi untuk setiap prospek atau penjualan yang mereka hasilkan.

5. Manajemen waktu

Untuk menjual lebih banyak produk secara online di Indonesia, mungkin perlu menciptakan rasa urgensi. Ini adalah tips bisnis awal yang ideal untuk Indoensia karena menciptakan rasa urgensi telah terbukti secara ilmiah dapat memotivasi penjual untuk membeli produk tertentu.

Pernahkah Anda melihat video orang-orang yang berbelanja di Black Friday di Amerika Serikat? Hampir seolah-olah ada kerusuhan yang terjadi di dalam pusat perbelanjaan. 

Permintaan diciptakan oleh kebutuhan untuk bertindak cepat. Ini adalah fakta yang terkenal di setiap bidang penjualan, dan sering dimodifikasi untuk membantu bisnis dalam meningkatkan penjualan.

6. Sentralisasi Pilihan Anda

Jika Anda menjual produk Anda secara online di Indonesia, Anda mungkin memiliki banyak kemungkinan untuk dipilih. Meskipun mungkin tampak ide yang bagus pada saat itu, tahukah Anda bahwa psikologi mengatakan bahwa itu memiliki dampak yang berlawanan dalam beberapa kasus? Ahli saraf telah menunjukkan bahwa ketika dihadapkan dengan sejumlah besar pilihan, manusia cenderung membuat keputusan. 

Faktanya, jika Anda lebih suka menghabiskan waktu mengunjungi restoran daripada memulai bisnis penjualan online di Indonesia, Anda akan sering menemukan bahwa jauh lebih mudah untuk memilih makanan di restoran dengan pilihan lebih sedikit daripada di restoran dengan jumlah banyak. dari kemungkinan.

Ini juga memanfaatkan ilmu menanamkan rasa urgensi pada orang. Jika Anda memiliki ribuan item dalam stok dalam 50 warna berbeda dan tujuh ukuran berbeda, mengapa pelanggan membeli produk Anda sekarang? Kemungkinan besar akan siap besok, lusa, atau lusa.

7. Menyediahkan Banyak Opsi Pembayaran

Tips berjualan online yang bagus adalah menyediakan berbagai metode pembayaran kepada pelanggan. Beberapa orang Indonesia memutuskan untuk membayar dalam Gcash daripada tunai. 

Jika Anda memberikan solusi pembayaran yang sesuai untuk mereka, orang lain akan lebih memilih untuk membayar melalui bank online tersebut, tanpa menghilangkan hambatan lain dari proses pembelian.

Metode pembayaran lokal sangat penting jika Anda adalah penjual lokal (yaitu, jika pelanggan Anda adalah orang Indoensia yang tinggal di area yang sama). 

Tips jualan online terakhir kami tentang memilih platform yang benar terkait dengan alternatif pembayaran karena beberapa platform dapat menegosiasikan tingkat komisi yang lebih rendah dengan penyedia pembayaran tertentu.

Nah itu adalah tips jualan online untuk pemula yang bisa kami bagikan untuk kalian semua. Semoga artikel tentang bisnis online atau jualan online bisa memberikan referensi buat kalian semua ya guys.


Post a Comment for "7 Tips Jualan Online yang Efektif untuk Pemula"