Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara Berjualan di Amazon untuk Pemula

Cara Berjualan di Amazon
 


Cara Berjualan di Amazon - Pada kuartal pertama tahun 2020, lebih dari 50% dari semua penjualan Amazon untuk pemula dilakukan oleh penjual pihak ketiga, dengan penjual Amazon di AS menghasilkan pendapatan lebih dari 50 miliar dolar di AS.

Terlepas dari statistik Amazon , persaingan menjadi semakin ketat, dengan semakin banyak orang yang berpikiran bisnis menyadari peluang yang dapat diberikan oleh menjadi penjual Amazon. 

Jika Anda tidak mendekati penjualan pihak ketiga Amazon dengan cara yang benar dan memiliki strategi yang terdidik dan adaptif, Anda dapat menghasilkan sedikit atau tanpa keuntungan di platform.

Jika kalian membutuhkan informasi lebih, silahkan baca juga panduan jualan Amazon 

Cara Berjualan Online yang Baik di Amazon

Untuk memastikan Anda memiliki yang terbaik dalam membuat kesuksesan Amazon, ruangkerja.my.id telah mengumpulkan sepuluh tips berjualan di Amazon untuk pemula agar dapat menghasilkan uang secara online, berikut tipsnya:

1. Riset Kata Kunci

Anda mungkin menjual langsung di platform Amazon, tetapi tetap penting untuk mengoptimalkan keyword atau kata kunci Anda untuk mendapat peringkat di SERP. 

Salah satu tips berjualan di Amazon yang paling penting adalah memastikan bahwa mesin pencari dapat dengan mudah mengidentifikasi kata kunci dan memahami apa yang Anda tawarkan sehingga Anda dapat menentukan peringkat yang sesuai.

Ada banyak alat penelitian kata kunci gratis dan berbayar di luar sana yang dapat dimanfaatkan oleh penjual Amazon untuk menentukan kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi, tidak terlalu kompetitif, dan memiliki tujuan pencarian yang tepat di belakangnya.

Setelah Anda menyusun daftar kata kunci yang berharga untuk suatu produk, pastikan untuk memasukkannya ke dalam judul produk, deskripsi, dan di bagian belakang cantuman Anda. Pikirkan tentang nama merek Anda, nama produk, bahan, warna, ukuran, jumlah, dan lainnya untuk memastikan Anda memanfaatkan semua peluang kata kunci yang tepat.

Meskipun penting untuk memastikan Anda menggunakan kata kunci yang sesuai, jangan tergoda untuk memasukkannya pada setiap kesempatan yang diberikan. Konten cantuman Anda masih perlu dibaca dengan baik dan informatif bagi konsumen.

2. Miliki Strategi Harga Adaptif

Harga yang kompetitif adalah kuncinya jika Anda ingin bersaing dengan merek mapan dan menonjol dari kerumunan di Amazon. Kecuali jika produk Anda 100% unik atau menawarkan fitur yang tidak dapat diperoleh konsumen di tempat lain, semakin rendah Anda bisa mendapatkan harga sambil tetap menghasilkan keuntungan, semakin baik.

Untuk melangkah lebih jauh daripada bersaing dengan harga Anda, Anda juga harus adaptif. Permintaan pasar selalu berubah, dengan pesaing baru bergabung setiap saat, sehingga penting untuk proaktif dalam memastikan harga Anda sesuai dengan waktu.

Bagi mereka yang baru memulai sebagai penjual Amazon atau mereka yang memiliki persediaan kecil, Anda dapat mengubah harga Anda secara manual atau menetapkan aturan kapan harga Anda berubah sesuai dengan apa yang dikenakan oleh pesaing dekat Anda.

Jika Anda menawarkan berbagai macam produk, penetapan harga algoritmik adalah cara yang tepat. Metode ini melibatkan alat penetapan harga otomatis menggunakan algoritme kompleks dan data waktu nyata untuk menurunkan atau menaikkan harga penjual. 

3. Fotografi Berkualitas Tinggi

Citra Anda adalah salah satu faktor penentu apakah konsumen akan melakukan pembelian atau tidak. Merek eCommerce harus siap untuk menginvestasikan waktu dan uang yang signifikan untuk mendapatkan fotografi produk Anda dengan benar jika Anda ingin menarik perhatian orang dan menjual diri Anda sendiri.

Foto buram atau berbintik-bintik dapat secara tidak sadar langsung membuat seseorang kecewa dan memberikan kesan pertama yang negatif terhadap merek Anda. Jangan abaikan fotografi Anda dan pastikan untuk menawarkan banyak foto kepada browser untuk menampilkan berbagai sudut dan produk Anda sedang digunakan.

Selalu ambil foto Anda dengan latar belakang putih dan rapi sehingga mudah dilihat. Semakin keras otak konsumen perlu bekerja untuk membayangkan diri mereka menggunakan atau memakai produk Anda dalam kehidupan nyata, semakin kecil kemungkinan Anda untuk melakukan penjualan. Seharusnya mudah bagi calon pembeli untuk membayangkan produk di rumah mereka dan memahami bagaimana hal itu akan bermanfaat bagi kehidupan mereka sehari-hari.

Jika Anda memiliki anggaran yang tersedia untuk bekerja dengan eCommerce profesional atau fotografer produk, lakukanlah. Bahkan ada opsi untuk menawarkan gambar 360-tampilan bagi orang-orang untuk melihat produk Anda dari setiap sudut.

4. Raih Bagian dari Kotak Beli Amazon

Tips penjualan Amazon kami berikutnya adalah mencoba yang terbaik untuk tampil di Kotak Beli. Hampir semua penjual yang berhasil memasukkan produknya ke dalam Buy Box melihat hal ini tercermin dalam penjualan mereka.

Sayangnya, tidak seperti Walmart Marketplace yang memberi penjual strategi yang jelas untuk tampil di Buy Box, Amazon menyimpan kartu mereka lebih dekat ke dada mereka. Beberapa faktor kunci yang perlu dipertimbangkan adalah:

  • harga yang kompetitif
  • Ketersediaan stok
  • Pemenuhan Oleh Amazon (FBA)
  • Peringkat penjual
  • Ulasan produk
  • Paket produk

Anda harus bertujuan untuk memasukkan sejumlah faktor ini ke dalam strategi penjualan Anda agar tidak hanya muncul di Kotak Beli tetapi juga meningkatkan reputasi merek dan penjualan Anda.

5. Manfaat dari Pemenuhan Oleh Amazon (FBA)

Fulfillment By Amazon (FBA) adalah program yang memungkinkan penjual untuk menyerahkan sejumlah besar kerumitan dalam memenuhi pesanan ke Amazon sendiri. Anda dapat menyimpan inventaris Anda di gudang mereka, tempat Amazon akan mengambil, mengemas, dan mengirimkan semua pesanan untuk Anda saat dan saat mereka masuk.

Meskipun menggunakan program Amazon FBA bukan satu-satunya cara untuk menjadi penjual Amazon yang sukses, ini memungkinkan Anda untuk menawarkan Amazon Prime kepada konsumen dan mendapat manfaat dari waktu pengiriman yang sangat singkat yang menyertainya.

Amazon Prime awalnya diluncurkan lebih dari satu dekade yang lalu pada tahun 2007, tetapi di Inggris, sekarang memiliki lebih dari lima belas juta anggota, yang cenderung menghabiskan rata-rata jauh lebih banyak setiap tahun daripada pengguna non-Prime Amazon.

Dengan menggunakan program FBA dan memiliki lencana Utama di tempat Anda, Anda dapat membangun tingkat kepercayaan langsung dengan konsumen dan membedakan diri Anda dari produk yang tidak menawarkan pengiriman Perdana.

Tentu saja, ada biaya yang lebih tinggi terkait penggunaan FBA, tetapi penjualan dan strategi keseluruhan Anda akan melihat manfaat dengan memberi Anda lebih banyak waktu untuk menyalurkan ke area lain dari merek Anda.

6. Dapatkan Ulasan

Mendapatkan beberapa ulasan positif pada daftar Anda sangat penting jika Anda ingin mendapatkan penghasilan yang konsisten dari penjualan Amazon Anda. Ulasan adalah tempat pertama yang dilihat orang saat berbelanja online, dengan ulasan yang menarik adalah semua yang Anda butuhkan untuk mendorong konsumen membuat keputusan pembelian.

Untuk mulai membangun dasar ulasan yang kuat untuk produk Anda, hubungi pelanggan segera setelah produk Anda dikirim untuk meminta ulasan dan umpan balik. Dengan cara ini, jika pelanggan Anda memiliki sesuatu yang negatif untuk dikatakan, Anda dapat menyelesaikan masalah tersebut sebelum menjadi ulasan negatif pada cantuman Anda.

Anda bahkan dapat menggunakan Amazon untuk secara otomatis meminta ulasan dari pelanggan Anda dan meminta peringkat bintang.

7. Memberikan Layanan Pelanggan yang Ramah

Jangan duduk dan bersantai setelah daftar Amazon Anda dioptimalkan dan diluncurkan, ada banyak aspek lain untuk menjadi penjual Amazon yang sukses. Salah satunya adalah layanan pelanggan eCommerce Anda harus melampaui dan ramah saat berhadapan dengan pelanggan prospektif.

Menanggapi pelanggan dengan cara yang profesional, membantu, dan bermakna akan menentukan apakah orang memilih untuk membeli dari Anda lagi atau beralih ke pesaing Anda. Saat menanggapi pertanyaan pelanggan, usahakan untuk menyelesaikan semua masalah dalam tanggapan Anda dan singkirkan semua hambatan potensial yang mencegah seseorang melakukan pembelian.

Jika Anda mendapatkan umpan balik atau keluhan negatif tentang produk Anda, menanganinya secara positif dan profesional dapat mengubah pertukaran negatif menjadi pertukaran yang menguntungkan.

8. Gunakan Layanan Pemasaran Amazon (AMS)

Amazon menawarkan layanan periklanan dan pemasarannya untuk penjual, memungkinkan Anda menargetkan kata kunci dan menampilkan produk di depan audiens target Anda.

Jika Anda memiliki anggaran yang tersedia untuk iklan, Amazon menawarkan beberapa jenis kampanye iklan, apakah Anda ingin Amazon secara otomatis menempatkan iklan produk Anda di tempat yang menurut mereka relevan, atau Anda lebih suka membuat kampanye manual dan menargetkan kata kunci tertentu.

Ada beberapa jenis iklan yang tersedia, apakah Anda lebih suka membuat iklan khusus yang inovatif atau tetap menggunakan iklan bergambar. 

Terlebih lagi, Anda hanya perlu membayar per klik, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan dari banyak eksposur merek dan visibilitas tanpa harus membayar untuk setiap orang yang melihat iklan Anda.

Jika Anda baru mengenal iklan bersponsor, Anda dapat memulai dari yang kecil dan menggunakan data dari kampanye iklan Anda untuk mendidik dan mengoptimalkan strategi di masa mendatang.

9. Jadilah Proaktif dengan Inventaris Anda

Meskipun Anda dapat memperoleh manfaat dari program FBA, Anda tetap perlu mengelola inventaris Anda secara efektif. Amazon menggunakan inventaris merek sebagai faktor peringkat utama saat memutuskan di mana dan kapan akan menampilkan produk tertentu.

Membiarkan inventaris Anda turun terlalu rendah atau membiarkan produk kehabisan stok tidak hanya dapat memengaruhi penjualan Anda, tetapi juga dapat memengaruhi peringkat keseluruhan produk Anda secara keseluruhan.

10. Promosikan di Media Sosial

Tips berjualan di Amazon menyeluruh yang perlu diingat adalah bahwa konten adalah raja. Jika daftar produk Anda tidak ditulis dengan baik dan informatif, tidak ada yang akan membeli dari Anda. Saat menjelaskan produk Anda, Anda harus bertujuan untuk menceritakan kisah merek Anda, menjadi kreatif dan menggunakan poin-poin untuk menguraikan fitur utama produk Anda.

Jangan berhenti dengan cantuman produk Anda juga, Anda dapat menggunakan konten kreatif di semua saluran Anda untuk membangun reputasi merek yang positif.

Media sosial adalah alat gratis untuk digunakan demi keuntungan Anda, dengan Facebook dan Instagram menawarkan banyak cara yang sangat visual bagi Anda untuk mendemonstrasikan produk Anda dan mengarahkan orang langsung ke daftar Amazon Anda. 

Amazon memahami pentingnya promosi di media sosial; maka Anda bahkan dapat membuat kode diskon media sosial Anda sendiri untuk digunakan, menawarkan insentif kepada audiens Anda untuk mengklik daftar produk Anda.

Kesimpulan

Ketika sampai pada tips berjualan Amazon untuk pemula, strategi penjualan pihak ketiga Anda adalah apa yang Anda dapatkan. Semakin banyak waktu, sumber daya, dan anggaran yang harus Anda investasikan, semakin banyak visibilitas yang akan Anda peroleh dan semakin banyak pendapatan yang dapat Anda hasilkan. 

Singkatnya, Anda dapat membangun inventaris Anda dari waktu ke waktu hingga Anda memiliki strategi penjualan Amazon yang beragam, terdidik, dan sangat menguntungkan.


Post a Comment for "10 Cara Berjualan di Amazon untuk Pemula"