Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Terbaru 2022, Panduan Lengkap

Cara Menghasilkan Uang dari Blog
 

Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Gagasan bahwa Anda dapat menghasilkan uang dari blogging terdengar seperti mimpi. Anda tidak hanya dapat bekerja secara mandiri dan melewatkan jam 9-ke-5, tetapi Anda juga dapat membuat blog dari mana saja di dunia tentang topik pilihan Anda. Meskipun melibatkan kerja keras, ini sangat dapat dicapai oleh siapa saja, termasuk pemula, dengan strategi yang tepat.

Langkah pertama tentu saja membuat blog . Setelah itu, Anda perlu menumbuhkan audiens blog Anda sehingga pada akhirnya Anda bisa mendapatkan uang darinya.

Baik Anda hanya mencari pekerjaan sampingan atau ingin mencari nafkah dari blogging, panduan komprehensif ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti tentang cara memulai blog , cara membangun jumlah pembaca, dan mengembangkan blog Anda. Kemudian, Anda akan belajar tentang alat canggih yang dapat Anda gunakan untuk mengubah lalu lintas situs web Anda menjadi uang.

Cara menghasilkan uang dari blog dalam 10 langkah

  1. Pilih ceruk yang menguntungkan
  2. Skala konten blog Anda
  3. Bangun reputasi
  4. Promosikan dan kembangkan
  5. Beriklan di dalam blog Anda
  6. Tawarkan langganan berbayar
  7. Jual barang dagangan
  8. Menjadi Afiliasi
  9. Tulis konten bersponsor
  10. Menyediakan layanan konsultasi

Berapa banyak uang yang dapat Anda hasilkan dari blog?

Sebelum kita menyelami langkah-langkah menghasilkan uang dari blogging, mari kita bicara tentang berapa banyak yang sebenarnya dapat Anda hasilkan.

Berapa banyak uang yang dapat Anda hasilkan saat blogging sebagai pemula ? Menghasilkan penghasilan penuh sebagai blogger lebih realistis dari yang Anda kira. Blog keuangan Millennial Money melaporkan bahwa setelah hanya 2 tahun membangun lalu lintas dan pelanggan, blogger dapat menghasilkan lebih dari $100.000 per tahun. Bahkan hanya dalam tahun pertama, blogger dapat dengan mudah menghasilkan tambahan $500-$2.000 per bulan.

Mari kita lihat beberapa contoh dari studi blogger sukses ini :




Seperti yang Anda lihat, ada berbagai macam pendapatan yang bisa Anda peroleh sebagai seorang blogger. Tetapi selain dari angka-angkanya, ada beberapa hal penting yang perlu diingat sebelum Anda mulai:

  1. Menghasilkan uang dari blogging adalah realistis bagi siapa saja .
  2. Ada beberapa cara berbeda untuk menghasilkan uang dari blog.
  3. Blogger yang sukses cenderung menggunakan banyak strategi yang sama untuk menghasilkan uang.

Mari kita uraikan ide-ide ini lebih jauh dan diskusikan apa sebenarnya strategi-strategi ini.

Cara menghasilkan uang dari blog, bagian 1: Bangun kehadiran online Anda

Sebelum Anda mulai menghasilkan uang, Anda harus memulai sebuah blog dan menumbuhkan audiens Anda. Pikirkan seperti ini: lebih banyak lalu lintas ke blog Anda sama dengan lebih banyak uang.

Untuk alasan itu, menghasilkan uang dimulai dengan memilih niche blog yang strategis dan menyebarkan berita tentang blog Anda. Berikut cara melakukannya:

01. Pilih niche yang menguntungkan


Jika Anda baru memulai sebuah blog, Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, Apa yang harus saya tulis?

Sebelum Anda terjun ke dalam menulis, Anda harus memilih niche. Pilih satu tema menyeluruh untuk blog Anda sehingga Anda dapat mengasah bidang tertentu dan menarik kelompok penggemar yang ditargetkan.

Saat memilih niche Anda, penting untuk memulai dengan passion Anda - lagi pula, Anda akan mendedikasikan banyak waktu dan usaha untuk subjek ini. Tetapi jika Anda serius ingin menghasilkan uang dari blogging, Anda juga perlu memikirkan topik yang orang tertarik untuk membacanya, dan yang pada akhirnya akan layak secara finansial.

Dengan mengingat hal itu, ada tiga pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri ketika memilih niche blog :

  • Apa minat saya?
  • Siapa audiens saya?
  • Topik mana yang menguntungkan?

Pertanyaan 1: Apa minat saya?


Agar upaya blogging Anda berkelanjutan dalam jangka panjang, Anda pasti ingin menulis tentang sesuatu yang benar-benar Anda sukai.

Demikian juga, pertimbangkan tingkat pengalaman profesional Anda. Jika Anda tidak memiliki koneksi sebelumnya ke niche blog Anda, Anda akan kesulitan menetapkan diri Anda sebagai sumber informasi yang kredibel di industri itu.

Di sisi lain, jika Anda memiliki pengalaman kerja, latar belakang pendidikan atau koneksi di bidang tertentu, Anda sudah siap untuk menulis posting blog tentang mata pelajaran tersebut dan akan lebih mudah membangun kepercayaan di antara pembaca Anda. Lihatlah ide- ide blog ini - ide, ide tersebut akan membangkitkan imajinasi Anda.

Pertanyaan 2: Siapa audiens saya?


Jika ada permintaan untuk mempelajari niche Anda, dan jika Anda menawarkan pengetahuan atau informasi yang memenuhi kebutuhan penting, maka pembaca akan berduyun-duyun ke blog Anda. Gunakan subjek yang Anda minati untuk memikirkan jenis pembaca seperti apa yang mungkin Anda tarik.

Kemudian, pikirkan tentang jenis masalah yang dihadapi orang - dan solusi yang mereka cari - dalam bidang tersebut. Dengan begitu, Anda dapat membuat blog yang berfokus pada penargetan grup ini dan memberikan jawaban yang mereka butuhkan.

Pertanyaan 3: Topik mana yang menguntungkan?


Meskipun Anda dapat membuat blog tentang hampir semua hal, beberapa niche blog cenderung lebih menguntungkan daripada yang lain. Untuk mengantisipasi apakah Anda dapat menghasilkan uang dengan blogging dengan niche tertentu, pertimbangkan peluang penjualan di area subjek tersebut.

Jika Anda membuat blog memasak, misalnya, artikel tentang peralatan dapur teratas adalah peluang bagus untuk mempromosikan tautan afiliasi atau menempatkan iklan. Jika Anda berpikir untuk menulis blog pemasaran digital, Anda dapat mempertimbangkan peluang untuk menjual e-book atau menawarkan layanan konsultasi.

Jenis blog yang menghasilkan uang


Beberapa jenis blog dapat menguntungkan jika Anda tahu cara mengelolanya secara strategis, tetapi berikut adalah yang paling umum:

  • Blog bisnis dan pemasaran
  • Blog keuangan
  • Blog kesehatan
  • Blog mode
  • Blog DIY dan kerajinan tangan
  • Blog nutrisi dan makanan
  • Blog gaya hidup

Niche mana pun yang Anda pilih, penting untuk memikirkan faktor monetisasi sejak awal dan menetapkan tujuan untuk menghasilkan pendapatan dari blog Anda. Ini akan memastikan Anda membangun fondasi yang kuat sejak awal.

Jika Anda masih terjebak pada niche apa yang harus difokuskan, contoh blog ini dapat membantu memberikan panduan.

02. Buat konten blog Anda


Sekarang Anda telah memilih niche Anda, saatnya untuk mulai membuat konten. Saat Anda memulai, ingatlah bahwa strategi di balik artikel Anda sama pentingnya dengan penulisan itu sendiri. Artikel Anda, tentu saja, akan melibatkan banyak penulisan - tetapi mereka juga akan melibatkan banyak penelitian dan perencanaan.

Selain itu, Anda pasti ingin mengunggah konten baru secara konsisten dan sering tanpa mengurangi kualitas. Inilah yang harus Anda ketahui saat mulai membuat dan menskalakan konten Anda:

1. Pilih topik yang tepat


Sama seperti Anda memilih niche blog yang strategis, Anda juga ingin memilih topik strategis untuk ditulis. Topik terbaik harus mencapai dua hal:

  • Mereka memenuhi kebutuhan audiens target Anda dan menawarkan solusi yang bijaksana dan dapat ditindaklanjuti.
  • Mereka menargetkan kata kunci dengan volume pencarian tinggi - angka yang menunjukkan berapa banyak orang yang mencari kata atau topik tertentu selama jangka waktu yang dipilih (biasanya satu bulan). Idenya di sini adalah semakin tinggi volume kata kunci, semakin banyak orang yang tertarik pada topik itu. Ketika artikel Anda memberikan jawaban menyeluruh untuk permintaan pencarian orang, semakin besar kemungkinannya untuk mendapat peringkat di mesin pencari - yang, pada gilirannya, akan membawa orang ke situs Anda (lebih lanjut tentang itu nanti di Langkah 4).
Menulis headline juga merupakan langkah penting yang tidak ingin Anda lupakan. Pastikan untuk menemani semua topik blog Anda dengan judul yang menarik. Semakin menarik judul blog Anda , semakin besar kemungkinan orang akan mengklik untuk membaca kontennya.

2. Posting secara konsisten


Untuk mencapai tujuan awal Anda untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung situs, Anda harus sering memposting konten baru. Bertujuan untuk menerbitkan minimal 3 hingga 4 posting baru per minggu sehingga Anda memaksimalkan lalu lintas organik.

Selain itu, Anda ingin mempublikasikan secara teratur. Jangan merilis sejumlah besar artikel dalam satu minggu, hanya untuk tidak menerbitkan apa pun pada minggu berikutnya. Sebagai gantinya, buat kalender editorial dan rencanakan jadwal penerbitan yang konsisten sebelumnya. Ini akan menandakan ke Google bahwa Anda menjalankan blog yang sehat dan aktif.

3. Bagikan beban kerja

Saat Anda mempertimbangkan cara menghasilkan uang dari blogging, ingatlah bahwa Anda tidak hanya membangun kehadiran online Anda; Anda juga mengasah keterampilan kewirausahaan Anda. Anda akan segera menyadari bahwa membuat lebih dari 3 posting per minggu adalah banyak hal yang harus ditangani bersama dengan manajemen bisnis.

Namun, jangan biarkan hal itu memperlambat Anda. Pertimbangkan untuk mendapatkan bantuan ekstra saat Anda meluncurkan blog sehingga Anda dapat menskalakan konten dengan cepat. Anda dapat melakukannya dengan:

  • Mengalihdayakan beberapa konten ke pekerja lepas sehingga Anda dapat menskalakan konten Anda dengan cepat.
  • Membuka blog Anda untuk blogger lain untuk mempublikasikan artikel ke situs Anda (opsi gratis yang bagus untuk Anda yang juga memberikan publisitas kepada kontributor tamu).

Opsi mana pun yang Anda pilih, intinya adalah Anda menyusun beban kerja Anda dengan cara yang memungkinkan Anda untuk fokus pada strategi bisnis dan juga menulis.

03. Bangun reputasi


Setelah Anda membuat sejumlah besar konten strategis, langkah selanjutnya untuk menghasilkan uang dari blogging adalah menetapkan diri Anda sebagai otoritas di bidang Anda. Kiat-kiat ini akan membantu memandu Anda:

1. Coba blog tamu


Mulailah dengan memperluas kehadiran online Anda, terutama di dunia menulis dan blogging. Anda dapat menjangkau publikasi online di niche Anda dan mengajukan ide untuk posting tamu. Ingatlah untuk mengirim tautan ke blog Anda di samping promosi Anda sebagai bukti pengalaman Anda di lapangan.

Untuk menemukan peluang blogging tamu, telusuri publikasi favorit Anda untuk melihat apakah mereka menerbitkan konten oleh kontributor luar. Berikut adalah beberapa publikasi yang menerima penulis tamu , dengan tautan ke halaman Hubungi Kami atau Kontributor mereka:

  1. Entrepreneur.com
  2. Bagian Op-Ed New York Times
  3. Inc.com
  4. Orang Dalam Bisnis
  5. Bagian Opini Forbes
  6. Ruang Kerja ( Blog ini )

Atau, jika Anda mengikuti blogger mana pun di niche Anda, Anda dapat mencari nama mereka secara online dan melihat di mana mereka dipublikasikan. Itu akan mengarahkan Anda ke situs yang menerima konten tamu.

Dari sana, Anda dapat menyampaikan ide kepada penulis atau editor melalui email atau melalui LinkedIn. Jika Anda sudah menjalin hubungan dengan mereka di Twitter, Anda juga dapat memberikan ide kepada mereka di sana. Ini adalah dua platform media sosial yang paling umum digunakan oleh para profesional, dan sering kali merupakan cara yang efektif untuk menjangkau orang-orang di dunia penerbitan online.

Jangan berkecil hati jika penawaran Anda tidak langsung diterima. Itu adalah situasi yang sangat normal bagi banyak orang, dan penawaran Anda akan diterima saat Anda meningkatkan upaya penjangkauan Anda. Selain itu, semakin banyak konten yang Anda publikasikan, semakin Anda akan membangun reputasi Anda - dan semakin mudah bagi Anda untuk dipublikasikan di masa mendatang.

Jika Anda beruntung, beberapa publikasi mungkin menawarkan pembayaran untuk konten kontribusi Anda. Ini sudah merupakan awal yang baik dalam hal menghasilkan uang dari blogging. Meskipun demikian, meskipun posting tamu tidak memberikan kompensasi finansial kepada Anda, itu masih merupakan peluang bagus untuk berjejaring dengan orang lain di bidang Anda dan mulai mengembangkan jumlah pembaca Anda. Dengan pengalaman yang cukup, Anda akhirnya bisa mendapatkan kolom tamu Anda sendiri.

Blogging tamu juga dilengkapi dengan manfaat menyediakan backlink ke blog Anda sendiri, yang meningkatkan SEO Anda. Ini penting karena membuat situs Anda lebih terlihat di mesin pencari seperti Google, sehingga mengarahkan lalu lintas ke sana. Baca artikel ini untuk tips lebih lanjut tentang SEO untuk blogger .

2. Berkolaborasi dengan para ahli


Cara lain untuk membangun kredibilitas Anda adalah dengan bekerja sama dengan pakar lain di bidang Anda. Ini akan memberi Anda lebih banyak eksposur dan membantu Anda membangun audiens.

Mulailah dengan menjangkau para profesional dalam niche blog Anda - ini bisa menjadi penulis tamu sukses yang Anda ikuti atau editor publikasi favorit Anda. Tanyakan apakah Anda dapat melakukan wawancara dengan mereka, baik sebagai posting tamu atau untuk publikasi di blog Anda sendiri. Meskipun ini mungkin tampak seperti permintaan yang berani, orang-orang dalam posisi ini sering kali dengan senang hati memberikan wawancara karena itu juga meningkatkan eksposur mereka.

Demikian juga, Anda dapat mempromosikan silang blogger lain di industri Anda. Berikan artikel mereka teriakan di posting media sosial dan blog Anda, dan terlibat bolak-balik dengan mereka di Twitter. Kemungkinan mereka akan mulai membaca konten Anda juga dan membalas budi.

04. Promosikan dan kembangkan


Pada titik ini, Anda tahu bahwa semakin banyak orang membaca blog Anda, semakin mudah bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan darinya. Untuk alasan itu, meningkatkan lalu lintas situs web Anda merupakan batu loncatan penting untuk menghasilkan uang dari blog Anda.

Sebelum kita mendalami cara mempromosikan blog Anda , ingatlah bahwa memasarkan karya Anda adalah upaya berkelanjutan. Anda harus mempromosikan situs Anda di samping semua langkah lainnya, sejak Anda mempublikasikan blog Anda. Bahkan saat pembaca Anda tumbuh, pemasaran situs Anda akan sama pentingnya dengan keberhasilannya seperti proses blogging itu sendiri.

Berikut adalah beberapa cara untuk menyebarkan berita dan membangun popularitas Anda:

1. Optimalkan untuk SEO


Seperti disebutkan sebelumnya, SEO sangat penting untuk mendapatkan situs web Anda di Google. Jika Anda ingin orang menemukan blog Anda, salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat konten yang berada di peringkat pertama hasil pencarian organik untuk kueri yang relevan. Misalnya, jika Anda membuat blog kue, Anda pasti ingin muncul di hasil teratas untuk kueri seperti "resep kue ulang tahun" dan "resep kue wortel".

Untuk melakukan ini, Anda tidak hanya harus berusaha untuk membuat posting blog paling informatif di web, tetapi Anda juga harus mengoptimalkan posting ini dengan menggunakan kata kunci ekor panjang yang strategis - jenis kata kunci tertentu yang menargetkan audiens Anda yang tepat.

Meskipun ini mungkin terdengar menakutkan, menemukan kata kunci ini sebenarnya cukup sederhana untuk dipelajari oleh pemula, terutama dengan bantuan alat penelitian kata kunci tertentu. Jenis alat blogging ini yang mencakup Google Keyword Planner , SEMrush , Ahrefs (gambar di bawah) dan banyak lagi - mengarahkan Anda langsung ke istilah yang harus Anda sertakan.



Jika Anda benar-benar baru dalam penelitian SEO dan kata kunci, ada baiknya menyisihkan waktu untuk mengikuti kursus SEO online cepat, banyak di antaranya tersedia secara gratis. Panduan Pemula Moz untuk SEO adalah tempat yang bagus untuk memulai.

Anda juga dapat melihat daftar periksa posting blog ini untuk memastikan Anda telah membahas semua dasar-dasar SEO, mulai dari penelitian kata kunci hingga pengoptimalan gambar dan banyak lagi.

2. Buat buletin


Cara lain untuk mengarahkan lalu lintas ke blog Anda - dan menghasilkan uang sebagai hasilnya - adalah dengan membuat buletin email untuk mempromosikan konten Anda. Ini akan memastikan bahwa orang yang menemukan blog Anda akan kembali untuk membaca postingan berikutnya.

Tetapi bagaimana Anda membuat orang berlangganan buletin Anda? Berikut adalah beberapa ide:

  • Buat magnet utama: Orang-orang jauh lebih mungkin untuk mendaftar jika mereka ditawari sesuatu yang berharga sebagai gantinya. Umumnya dikenal sebagai "gratis", magnet timbal hanyalah insentif yang Anda tawarkan sebagai imbalan berlangganan. Penawaran Anda mungkin termasuk e-book atau panduan gratis, slide deck pelengkap atau kursus online, atau kode kupon untuk toko online Anda.
  • Buat formulir keikutsertaan: Kotak keikutsertaan biasanya berbentuk pop-up atau slide-in yang meminta pembaca untuk berlangganan. Karena sulit untuk diabaikan, mereka cenderung lebih menarik perhatian pengunjung situs daripada teks statis. Anda dapat memilih untuk membuat formulir keikutsertaan yang secara langsung memberi tahu pengunjung untuk berlangganan email Anda. Rute lain adalah membuat formulir keikutsertaan yang menyoroti magnet utama Anda dan meminta pengunjung untuk memasukkan alamat email mereka sebagai imbalan atas hadiah gratis.

3. Bangun strategi media sosial


Jika Anda tidak mempromosikan artikel Anda di media sosial, Anda akan membuat kesalahan blogging yang besar . Pemasaran media sosial, seperti SEO, adalah cara gratis yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak eksposur.

Anda tidak hanya harus membagikan tautan ke blog Anda di saluran pribadi Anda, tetapi Anda juga harus mempertimbangkan untuk membuat akun media sosial terpisah yang didedikasikan untuk blog Anda. Coba buat halaman bisnis Facebook sehingga Anda dapat mempromosikan blog Anda di Facebook , serta akun bisnis khusus di Instagram dan YouTube.

Setelah Anda melakukan ini, tingkatkan audiens Anda lebih jauh dengan konten yang menyertai artikel Anda. Misalnya, buat postingan Instagram dan Pinterest yang menampilkan gambar atau infografis, lalu tautkan kembali ke artikel blog Anda di dalam postingan tersebut. Demikian juga, Anda dapat menggunakan kembali konten blog Anda sebagai video YouTube, dan kemudian menyertakan tautan ke artikel yang relevan di bawah setiap video.

4. Menjadi kreatif


Perluas jangkauan Anda lebih jauh dengan berbagai jenis format konten materi iklan. Posting video petunjuk yang informatif di situs Anda, dan bagikan wawasan Anda dengan memulai podcast atau menyelenggarakan webinar. Semakin banyak variasi konten yang Anda buat untuk mempromosikan diri Anda sebagai ahli di bidang Anda, semakin besar kemungkinan orang menemukan blog Anda.

Meskipun pada awalnya Anda harus menawarkan konten ini secara gratis untuk membangun audiens dan mengarahkan lalu lintas ke blog Anda, pada akhirnya Anda dapat mulai menagih sebagai sumber pendapatan tambahan. Ingatlah hal ini saat Anda memikirkan cara menghasilkan uang dari blog Anda.

Cara menghasilkan uang dari blog, bagian 2: Uangkan konten Anda

Cara Menghasilkan Uang dari Blog


Setelah Anda memiliki strategi konten yang kuat dan kehadiran online yang berkembang, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara memonetisasi blog. 

Untuk mulai menghasilkan uang dengan blog Anda, Anda akan ingin menggunakan alat untuk meningkatkan situs web Anda serta sumber daya seperti kemitraan perusahaan dan program afiliasi. Berikut adalah beberapa ide:

  • Beriklan di dalam blog Anda
  • Tawarkan langganan berbayar
  • Jual barang dagangan
  • Tambahkan tautan afiliasi
  • Tulis konten bersponsor
  • Memberikan layanan konsultasi

Sekarang setelah Anda menyiapkan blog Anda untuk sukses, berikut ini cara mendapatkan keuntungan menggunakan metode di atas:

05. Beriklan di dalam blog Anda


Salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blogging adalah dengan menambahkan iklan Google AdSense ke posting blog Anda dan sebagai hasilnya, hasilkan pendapatan.

Apa sebenarnya Google AdSense itu ? Ini adalah program yang memungkinkan Anda menempatkan ruang iklan di situs Anda. Google kemudian mengisi ruang tersebut dengan iklan yang relevan dengan blog dan pengunjung situs Anda. Anda, pada gilirannya, mendapatkan uang ketika iklan tersebut dilihat atau diklik.

Ini adalah program periklanan yang populer dan menguntungkan yang memungkinkan blogger mengubah lalu lintas situs web mereka menjadi uang. Anda memiliki kebebasan untuk memilih ukuran, bentuk, dan penempatan iklan yang diinginkan, memungkinkan Anda mengoptimalkan klik sambil mempertahankan pengalaman penjelajahan yang tidak mengganggu bagi pengunjung.

Jika Anda memutuskan untuk menempuh rute ini, ada beberapa trik yang akan membantu meningkatkan penghasilan Anda:

  • Buat konten berkualitas tinggi: Meskipun tujuan Anda adalah menghasilkan uang dengan blog Anda, Anda harus selalu memprioritaskan kualitas konten Anda. Jika konten Anda kuat, Anda akan mendapatkan lalu lintas. Dan ketika Anda mendapatkan lalu lintas, blog Anda menjadi ruang yang menarik bagi pengiklan.
  • Temukan kata kunci yang menguntungkan: Saat Anda melakukan penelitian kata kunci untuk posting blog Anda, perhatikan istilah transaksional yang mungkin menarik bagi pengiklan. Ini termasuk kata kunci yang berpotensi menghasilkan penjualan, seperti "Kamera DSLR terbaik" atau "Cara mengambil foto profesional".
  • Pilih gaya dan ukuran iklan secara strategis: Tampilan visual iklan Anda dapat menjadi faktor penentu dalam mendapatkan klik. Anda perlu membuat iklan Anda terlihat, tetapi Anda juga harus memastikan iklan tersebut tidak mengganggu pembaca. Untuk hasil terbaik, gunakan warna iklan yang merupakan bagian dari skema warna blog Anda, tetapi kontraskan dengan baik dengan latar belakang. Alat seperti Bannersnack adalah pilihan yang bagus untuk menyesuaikan desain iklan Anda.
  • Uji A/B penempatan iklan Anda: Dalam hal menghasilkan uang menggunakan iklan, tidak semua ruang iklan sama. Iklan yang sama dapat tampil berbeda bergantung pada lokasinya - misalnya, di atas, di bawah, atau di samping laman. Lakukan pengujian A/B untuk mengetahui ruang iklan mana yang paling banyak diklik, dan gunakan hasilnya untuk menginformasikan penempatan iklan Anda selanjutnya.
Anda juga dapat menambahkan file ads.txt ke blog Anda . Meskipun Google AdSense adalah penyedia terbesar, menggunakan ads.txt memberi Anda fleksibilitas untuk terhubung dengan penyedia iklan selain Google.

06. Tawarkan langganan berbayar


Tip kedua tentang cara menghasilkan uang dari blogging adalah dengan membuat dan menjual paket berlangganan. Ini memungkinkan pembaca setia membeli akses ke konten eksklusif.

Tentu saja, beberapa konten Anda harus tetap gratis - bagaimanapun, pembaca akan ingin menjelajahi blog Anda sebelum memutuskan apakah akan membeli. Tetapi Anda dapat melengkapi barang gratis dengan posting mendalam yang menawarkan wawasan eksklusif yang bersedia dibayar oleh pelanggan.

Untuk membangkitkan minat pembaca Anda, pastikan untuk memberi mereka pratinjau dari setiap posting eksklusif, dan kemudian minta mereka untuk berlangganan untuk melanjutkan membaca.

Pendekatan serupa, tetapi sedikit berbeda, adalah menawarkan keanggotaan berbayar ke situs Anda. Anda dapat memberi penghargaan kepada anggota dengan berbagai fasilitas, termasuk akses ke webinar, sumber daya yang dapat diunduh, dan konten blog gratis.

07. Jual merchandise, e-book, dan lainnya


Pilihan lain yang menguntungkan adalah menjual produk secara langsung melalui situs mereka. Untuk melakukan ini, Anda dapat membuka toko online yang membawa pengunjung langsung ke produk Anda. Ini memungkinkan Anda menjual item yang terkait dengan niche blog atau merek pribadi Anda.

Ingatlah bahwa produk Anda tidak harus fisik; banyak blogger memilih untuk menjual barang digital juga.

Berikut adalah beberapa opsi untuk jenis barang yang dapat Anda jual:

  • Buku elektronik
  • Kursus online
  • Webinar dan acara virtual
  • T-shirt, stiker, dan merchandise dengan logo blog Anda
  • Kerajinan tangan dan barang lainnya

Jika Anda menjalankan blog kebugaran, misalnya, Anda mungkin menjual peralatan olahraga bermerek. Jika Anda mengelola blog perjalanan, di sisi lain, Anda dapat mencoba menjual panduan perjalanan digital untuk diunduh.

08. Menjadi afiliasi


Ingat ketika kita melihat berapa banyak yang sebenarnya dihasilkan blogger? Laporan pengeluaran mereka menunjukkan kepada kita bahwa hampir semua blogger top menggunakan pemasaran afiliasi sebagai bagian dari strategi monetisasi mereka. Ada alasan bagus untuk ini: pemasaran afiliasi adalah sumber pendapatan pasif yang relatif mudah.

Pemasaran afiliasi pada dasarnya berarti Anda menghasilkan uang dari blog dengan mempromosikan produk orang lain. Ini melibatkan penambahan tautan afiliasi ke berbagai produk atau layanan dalam posting Anda, di seluruh situs Anda, atau di seluruh akun media sosial Anda. Ketika pengunjung situs Anda mengklik tautan tersebut dan melakukan pembelian, Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

Untuk menemukan merek untuk bermitra sebagai afiliasi, jelajahi web untuk program pemasaran afiliasi yang dapat menghubungkan Anda dengan berbagai produk atau perusahaan. Beberapa program yang paling populer meliputi:

  • Afiliasi CJ : Terhubung dengan merek yang dikenal luas dan dapatkan komisi dengan mempromosikan produk mereka.
  • ShareASale : Bangun kemitraan yang menguntungkan dengan merek di berbagai sektor.
  • Amazon Associates : Promosikan produk yang dijual di Amazon dan dapatkan komisi rekanan hingga 10%.

Pemasaran afiliasi adalah strategi yang efektif untuk blog profesional dan pribadi , jadi luangkan waktu untuk mencoba beberapa platform berbeda untuk menemukan yang paling cocok untuk Anda.

09. Tulis konten bersponsor


Seiring pertumbuhan blog Anda, Anda bahkan mungkin menemukan diri Anda didekati oleh perusahaan yang ingin mensponsori Anda. Perusahaan akan memberi Anda kompensasi untuk setiap posting yang Anda buat, karena pada dasarnya Anda mengiklankan produk mereka kepada audiens Anda. Seringkali, pertunjukan ini datang dengan fasilitas tambahan, seperti produk gratis dari perusahaan untuk Anda tinjau.

Postingan ini cenderung berbentuk ulasan produk atau demonstrasi lain tentang bagaimana Anda menggunakan produk atau layanan perusahaan. Praktik yang baik adalah merekomendasikan produk yang benar-benar Anda yakini sehingga Anda mempertahankan kepercayaan pembaca Anda. Selain itu, carilah kemitraan yang memungkinkan Anda membuat serangkaian postingan bersponsor dalam jangka waktu yang lama. Ini memastikan sumber pendapatan berulang.

Untuk menemukan peluang ini, Anda tidak perlu menunggu perusahaan menemukan Anda. Ambil inisiatif dengan menjangkau organisasi teratas di bidang Anda dan menanyakan tentang opsi sponsor. Pastikan untuk menjelaskan mengapa merek akan mendapat manfaat dari kolaborasi. Misalnya, beri tahu mereka tentang jumlah pengunjung bulanan Anda dan apa yang mereka dapatkan dari menjangkau audiens Anda.

10. Memberikan layanan konsultasi


Cara terakhir untuk menghasilkan uang dari blogging adalah dengan memanfaatkan semua pengetahuan yang Anda peroleh sebagai blogger profesional. Menggunakan blog Anda sebagai portofolio, tawarkan keahlian Anda sendiri sebagai layanan dan promosikan diri Anda sebagai pelatih atau konsultan.

Tergantung pada bidang Anda, Anda dapat bekerja dengan individu atau bertindak sebagai konsultan untuk perusahaan. Banyak jenis blog, mulai dari pemasaran hingga nutrisi dan desain, merupakan batu loncatan alami untuk bisnis konsultasi yang lengkap. Misalnya, Anda dapat membangun pengalaman blogging Anda untuk menjadi konsultan pemasaran digital atau pelatih makanan.

Untuk memulai, cobalah menawarkan layanan kepada klien individu, dan bujuk mereka dengan paket dan diskon khusus. Anda juga dapat mengembangkan layanan grup, seperti konferensi dan acara berbicara di depan umum, webinar, dan kursus online. Jika orang menemukan bahwa blog Anda menawarkan wawasan yang benar-benar berharga, kemungkinan mereka akan dengan senang hati membayar untuk saran pribadi yang secara khusus disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Kesimpulan 


Menulis blog bukan hanya hobi; itu juga merupakan cara untuk menghasilkan uang dan hidup dengan cara Anda sendiri. Seperti yang Anda lihat, ada banyak cara untuk mengubah lalu lintas situs web Anda menjadi uang tunai. Ikuti kiat-kiat ini untuk menumbuhkan audiens Anda, membangun reputasi Anda, dan membuat konten Anda menguntungkan. 

Dengan kombinasi konten berkualitas, kecerdasan bisnis, dan alat monetisasi profesional, Anda akan segera mendapatkan penghasilan dari blog Anda.

Post a Comment for "Cara Menghasilkan Uang dari Blog Terbaru 2022, Panduan Lengkap"