4 Ide Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 yang Efektif Secara Tatap Muka



Ruang Kerja - Disaat seperti sekarang, kita sedang di lemah oleh penyebaran covid-19 sehingga Pemerintah pusat dan Kementerian terkait, mau dan tidak mau harus bekerja keras untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 demi mengurangi korban.

Dalam hal ini, tentu tidak hanya terkhusus untuk Pemerintah dan Kementerian terkait. Akan tetapi seluruh elemen lapisan masyarakat juga dapat berpartisipasi untuk mendukung dalam program kerja yang dibuat oleh Menteri Kesehatan.

Selain itu, Pendidikan juga menjadi salah satu bagian terpenting yang perlu diperhatikan, terlebih untuk merencanakan proses belajar dan mengajar dalam aktivitas sehari-hari di sekolah maupun kampus.

Hal ini tentu tidak terlepas dari topik pembahasan terkait penyebaran covid-19, dengan mendukung program Menteri Kesehatan, tentu di bidang Pendidikan juga harus memiliki rencana pembelajaran yang sangat matang dan efektif untuk mengurangi penyebaran pandemi covid-19.

Terlebih, jika mengikuti perkembangan belajar mengajar di kampus dan sekolah secara daring. Justru itu membuat anak penerus bangsa kekurangan mental dan daya tangkap oleh murid/mahasiswa itu sendiri. Hal ini terjadi karena proses belajar mengajar nya yang sangat tidak efektif. Sehingga murid/mahasiswa tersebut akan kekurangan pemahaman terhadap mata pelajaran atau mata kuliah yang sedang dipelajari.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, disini saya akan memberikan beberapa ide untuk melancarkan proses belajar mengajar secara tatap muka dengan mengikuti protokol kesehatan. Berikut adalah ide pembelajaran proses belajar dan mengajar:

 1.     Membuat Tata Ruangan Mengajar dengan Berjarak

Ide pertama untuk belajar tatap muka adalah dengan membuat ruangan mengajar yang lebih luas dan tempat duduk murid/mahasiswa dengan berjarak 1 meter. Tentu dengan ide ini, proses belajar mengajar dapat dilaksanakan sesuai dengan protokol Kesehatan.

Selain sebagai melancarkan aktivitas proses belajar mengajar di sekolah atau kampus. Tentu dengan cara ini, dapat mengurangi rantai penyebaran covid 19 yang semakin meningkat di Indonesia dan Dunia.

2.     Mengajar di Luar Ruangan Sekolah

Jika kapasitas mahasiswa atau murid lebih besar daripada kelas rungan. Maka satu-satunya cara untuk melancarkan proses belajar mengajar adalah dengan menyediakan tempat di luar Gedung. Dengan begini, tentu aktivitas proses belajar mengajar juga dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan protokol Kesehatan.

Hal ini sangat penting diperhatikan dan menjadi bahan pertimbangan untuk setiap pemimpin sekolah agar memiliki rencana yang baik. Untuk tempat belajarnya, dapat disesuaikan dengan kebijakan masing-masing.

Dengan catatan: Lokasi penyediaan tempat belajar atau mengajar harus jauh dari keributan, atau gangguan semacamnya.

3.     Mengadakan Pertemuan Singkat antara Guru/Dosen dengan Mahasiswa Sebagai Bahan Pembelajaran

Jika ide pertama dan kedua tidak mendukung untuk melancarkan proses belajar mengajar, maka cara berikut yang dapat dilakukan adalah dengan mengadakan pertemuan singkat secara tatap muka di sekolah atau kampus. Hal ini tentu dapat dilakukan sesuai dengan mengikuti protokol Kesehatan sehingga aktivitas belajar dapat dilakukan dengan baik.

Untuk metode rencana pembelajaran dapat disesuaikan dengan kondisi setempat. Misalnya, hari pertama adalah memberikan presentasi kepada mahasiswa atau murid terkait dengan mata pelajaran atau mata kuliah. Kemudian hari berikutnya dapat dilakukan dengan memberikan tugas dll.

4.     Merencanakan Proses Belajar Mengajar Secara Bertahap

Ini adalah ide terakhir yang saya berikan sebagai sarana yang dapat dipertimbangkan oleh pemerintah atau instansi terkait. Ide metode pembelajaran yang terakhir adalah dengan merencanakan proses belajar mengajar secara bertahap.

Jika cara sebelumnya juga tidak mendukung, maka cara berikut ini menjadi solusi untuk melancarkan proses belajar mengajar secara tatap muka. Hal yang paling penting diperhatikan adalah kondisi letak geografis dan pembacaan situasi wilayah terhadap penyebaran covid-19.

Hal ini sangat penting dilakukan karena wilayah atau daerah dari setiap provinsi terkait penyebaran covid-19 juga tentu berbeda-beda. Oleh karena itu, Proses belajar mengajar secara bertahap ini menjadi solusi satu-satunya untuk pembelajaran yang dapat dilakukan secara tatap muka.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa ide yang dapat saya berikan kepada pemerintah untuk mempertimbangkan aktivitas proses belajar mengajar secara tatap muka yang mungkin bisa menjadi solusi.

Semoga dengan beberapa ide yang dapat saya berikan ini dapat bermanfaat terutama kepada kementerian Pendidikan yang dapat dipertimbangkan.

( Rahni )


0 Response to " 4 Ide Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 yang Efektif Secara Tatap Muka"

Post a Comment

Mohon berikan komentar anda dengan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel